10 Cara Alami Legakan Hidung Tersumbat, Terjamin Keefektifannya!

10 Cara Alami Legakan Hidung Tersumbat, Terjamin Keefektifannya!

Hidung tersumbat cukup menganggu aktivitas sehari-hari, sebab selain menyebabkan kesulitan bernapas, hidung tersumbat juga terkadang menyebabkan sakit kepala.

Penyebab hidung tersumbat ragam macamnya, salah satunya ialah adanya iritasi yang disebabkan oleh polusi udara, baik dari asap kendaraan, atau paparan asap rokok. Peradangan di saluran pernapasan menyebabkan struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan hingga menyebabkan hidung menjadi tersumbat. Kondisi ini dapat terjadi akibat flu (selesma), alergi, maupun infeksi pada sinus (sinusitis).

Mayoritas orang akan menonsumsi obat flu apabila mengalami kondisi ini, padahal ada banyak sekali cara alami untuk mengatasinya. Berikut cara mudah untuk meredakan hidung tersumbat secara alami yang dilansir dari Klikdokter dan berbagai sumber lainnya, pada Kamis (22/7/2021):

  1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan hal utama yang bisa dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat. Walau tidak menjamin dapat meredakan hidung tersumbat secara sepenuhnya, namun dengan mandi air hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama beberapa saat. Hal ini disebabkan air hangat dapat mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan pada sinus.

  1. Hidrasi

Kondisi hidrasi atau kecukupan air adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh juga untuk mengatasi hidung tersumbat. Pastikan diri Anda mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup tiap harinya, terlebih saat kondisi hidung tersumbat.

  1. Hirup Uap

Cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk meredakan hidung tersumbat yaitu dengan menghirup uap panas dari air rebusan. Air rebusan yang dapat Anda gunakan tidak terikat, artinya Anda bisa menggunakan air biasa atau air yang telah dicampur dengan herbal, seperti daun mint atau air yang telah ditetesi dekongestan alami berupa minyak kayu putih.

  1. Semprot Hidung Menggunakan Air Garam

Menyemprot hidung dengan menggunakan air garam terbukti dapat meredakkan hidung tersumbat. Cairan garam dapat membantu mengencerkan lendir serta melembabkan saluran pernapasan. Anda dapat menggunakan produk jadi berupa nasal saline spray yang sudah mengandung air garam (saline).

Selain menyemprot hidung menggunakan air garam, Anda juga bisa berkumur dengan air garam apabila ada keluhan lendir kental di belakang tenggorokan.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Dilansir dari Medical News Today, minyak kayu putih dibuat dari daun pohon eukaliptus. Dengan menghirup minyak kayu putih dapat mengurangi peradangan paada lapisan hidung dan mempermudah pernapasan. Anda hanya perlu menyiapkan panci berisi air mendidih lalu berikan beberapa tetes minyak kayu putih dan menghirupnya.

  1. Keringkan Sinus

Cara yang selanjutnya, Anda bisa membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan menggunakan neti pot. Neti pot ialah wadah yang dirancang khusus untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Saat menggunakan neti pot, Anda disarankan untuk menggunakan air suling atau steril sebagai pengganti air keran.

Berikut cara menggunakan neti pot:

  • Berdirilah dengan kepala di atas wastafel
  • Lalu tempatkan cerat neti pot di salah satu lubang hidung
  • Miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung
  • Setelah air mengalir ke lubang hidung, air akan keluar melalui lubang hidung yang lain dan mengalir ke bak cuci
  • Lakukan hal serupa pada lubang hidung lainnya selama sekitar satu menit
  1. Mengonsumsi Makanan Hangat

Sama halnya dengan mandi air hangat, mengonsumsi air hangat seperti sup juga dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat Anda.

  1. Minum Air Rebusan Jahe

Jahe memiliki sifat anti-bakteri yang menghangatkan, sehingga jahe dapat menghilangkan keluhan hidung tersumbat secara efektif. Siapkan satu sendok makan jahe segar parut, lalu letakkan ke dalam mangkuk air panas mendidih dan biarkan selama lima menit. Setelah lima menit Anda bisa menyaring air jahe. Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan madu.

  1. Penggunaan Cuka Apel

Khasiat cuka apel sangatlah beragam, salah satunya yakni dapat melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi mengemukakan bahwa cuka sari apel bagus dalam pencegahan batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir. Namun, Anda harus tetap memerhatikan takaran penggunaan cuka apel, karena penggunaan cuka apel yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

  1. Mengonsumsi Teh Herbal

Disamping cuka apel, adapula teh herbal yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan hidung tersumbat. Teh herbal ini bisa Anda buat sendiri di rumah yaitu dengan menggunakan jahe, chamomile, atau lemon. Bahan-bahan tersebut sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan Anda.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu