27 Kabupaten di Jawa Tengah Terancam Longsor

27 Kabupaten di Jawa Tengah Ternacam Longsor

Sudjarwanto Dwiatmoko selaku Kepala Sumber Daya dan Mineral Provinsi Jawa Tengah mengatakan bakwa setidaknya ada 27 kabupaten di Jawa Tengah rawan terjadi bencana alam yaitu pergerakan tanah. Dengan keterangan seperti itu pihaknya merekomendasi untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi bencana longsor tersebut.

Dari 27 kabupaten tersebut tidak sepenuhnya rawan longsor, tapi hanya beberapa daerah perbukitan atau yang memiliki lereng seperti di 

Kendati demikian, 27 daerah itu tidak seluruhnya rawan longsor, tetapi hanya daerah perbukitan atau yang memiliki lereng seperti di Majenang dan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, di Salem dan Sirampog, Kabupaten Brebes, di Karanglewas, Kabupaten Banyumas, di Karangsembung, Kabupaten Kebumen. Adapun di beberapa daerah lainnya yaitu Purbalingga, Pemalang, Pekalongan, Tegal, Banjarnegara, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Magelang, Karanganyar, Wonogiri, Semarang, Kudus, Pati, dan Rembang.

Menurut Sudjarwanto kerentanan longsor tersebut terjadi karena adanya faktor geomorfologi meliputi lereng, bentuk atau tipe, relief.

“Semua daerah yang berlereng berpotensi bergerak turun, semakin terjal akan tambah berpotensi, meskipun longsor juga bisa terjadi di daerah datar,” ujarnya.

Terdapat beberapa faktor rawan longsor lainnya seperti jenis batuan dan struktur geologi dimana jenis batu lempung yang berkarakter mudah mengelaborasi karena banyaknya kadar air. Adapun dikarenakan curah hujan, kondisi lingkungan, dan aktivitas manusia. Maka dari itu Dinas ESDM menyadarkan untuk tetap waspada pada daerah yang rentan longsor, apalagi dengan curah hujan yang tinggi.

“Yang terpenting lain adalah harus bisa mengendalikan drainase lereng. Jadi kalau bisa diatur berapa jumlah yang boleh meresap, diatur yang boleh ‘run off’ (aliran permukaan). Kalau ‘run off’ jangan sampai sampai mengerosi. Ya caranya kemudian membuat alur-alur, yang alurnya itu membuat air itu ‘direct’ ke badan sungai,” ujarnya.

Tetap waspada dengan adanya bencana di sekitar kita. Stay safe!

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu