Action Cam Dipasang Pada Helm Polantas

Action Cam Dipasang Pada Helm Polantas

Semarang – Helm anggota Polisi lalu lintas (Polantas) akan dilengkapi action cam saat berpatroli di jalan raya.

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Rudy Syafirudin mengatakan action cam yang dipasang pada helm anggota Polantas setiap patroli sebagai bentuk dokumentasi dari pelanggaran pengguna jalan. Hal ini juga menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kontak fisik dengan para pelanggar. Helm dari setiap anggota polisi dipasangi kamera pengawas atau GoPro, ketika menemukan pendara yang tidak mengenakan helm akan direkam dan dibuktikan dari hasil yang terekam di kamera pengawas.

“Nanti kita membeli GoPro, dan nanti ada di helm anggota masing-masing. Pada saat ada di helm anggota dan ketemu dengan pengendara tidak memakai helm, akan ditilang berdasar hasil rekaman video GoPro,” imbuhnya.

Bukti video tersebut akan diproses memalui tilang elektronik dan bukti akan dikirim ke rumah pelanggar sesuai dengan nomor kendaraan yang tertera. Jika pelanggar 3 kali dihubungi tidak hadir maka nomor plat kendaraan akan diblokir.

Pemberlakuan tilang elektronik ini akan diberlakukan mulai tanggal 17 Maret 2021 yang berada di 27 titik pusat di Jawa Tengah, antara lain di Polres Semarang, Cilacap, Wonogiri, Kebumen, Karanganyar, Klaten, Pati, Kudus, Demak, Purbalingga.

Dan 6 kamera speed dipasang dengan penempatan 2 kamera di tiap daerah seperti  Klaten, Boyolali, dan Karanganyar untuk memantau kendaraan yang melanggar kecepatan berkendara.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu