AI Jual Jasa Apapun

Microsoft telah memperkenalkan asisten digital baru, 365 Copilot, yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) untuk membantu pekerjaan di Excel dan mempermudah pembuatan presentasi. Namun, layanan ini tidak disediakan secara gratis, dengan biaya tertentu yang perlu diperhatikan.

Asisten 365 Copilot kini tersedia bagi pelanggan tertentu, dan Microsoft menetapkan biaya sebesar US$30 (sekitar Rp475 ribu) per bulan per pengguna.

Selain itu, pelanggan harus menjamin minimal 300 pengguna lainnya untuk bergabung dan menghubungi Microsoft agar dapat mengakses asisten AI ini.

Dengan membayar lebih, pelanggan dapat memanfaatkan Microsoft 365 Copilot untuk merangkum dokumen, membuat email, menyusun rencana dari catatan, dan bahkan meningkatkan analisis Excel.

Selama beberapa bulan terakhir, lebih dari 600 perusahaan telah melakukan uji coba menggunakan Microsoft 365 Copilot melalui program akses awal berbayar.

Microsoft berharap banyak pengguna akan memanfaatkan Microsoft 365 Copilot, meskipun biayanya saat ini tergolong tinggi.

Menurut Forrester Research, diperkirakan sekitar 6,9 juta pekerja di AS akan menggunakan Microsoft 365 Copilot pada tahun 2024.

“Pelanggan perusahaan dapat menghubungi perwakilan akun Microsoft mereka untuk mendapatkan Microsoft 365 Copilot,” ungkap TJ Devine, direktur senior pemasaran produk untuk Microsoft 365, seperti yang dilaporkan oleh The Verge.

“Bagi pelanggan yang sudah menggunakan Microsoft 365 E3 dan E5 (atau Business Standard / Premium), mereka dapat mulai menggunakan Bing Obrolan Perusahaan hari ini,” tambahnya.

Saat ini, hanya pelanggan komersial Microsoft 365 E3 dan E5 yang dapat membeli Microsoft 365 Copilot, dan ini tidak berlaku untuk beberapa pelanggan yang masih menggunakan paket Office 365 serta pelanggan Microsoft 365 Business Standard dan Business Premium.

Pengguna Microsoft 365 Monthly Enterprise Channel harus menunggu hingga Desember untuk dapat mengakses fitur Copilot.

Sementara sebagian fitur dari Microsoft 365 Copilot masih dalam tahap pratinjau. Misalnya, Copilot untuk Excel masih dalam pratinjau, Copilot untuk OneNote hanya tersedia di Windows, pratinjau SharePoint Copilot akan dimulai pada bulan November, dan pratinjau Copilot untuk OneDrive dijadwalkan akan dimulai pada bulan Desember.

Sebelumnya, Microsoft telah mengumumkan peluncuran asisten digital Copilot dengan dukungan kecerdasan buatan (AI) di sistem operasi Windows 11 pada bulan September.

Dalam tulisan di blog resminya, Microsoft menyatakan bahwa Copilot merupakan langkah maju, yang akan memanfaatkan konteks dan kecerdasan jaringan serta data pekerjaan pengguna di PC atau laptop untuk memberikan dukungan yang lebih baik, dengan menjaga privasi dan keamanan pengguna sebagai prioritas.

Copilot akan diluncurkan sebagai pembaruan gratis untuk Windows 11, dan nantinya akan tersedia di Bing, Edge, dan Microsoft 365.

AI ini telah diperkenalkan dalam Windows 11 melalui pembaruan versi 22H2, yang membawa lebih dari 150 fitur baru untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan tugas.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu