AKS Ibu Kartini Semarang Adakan Pengenalan Kampus Secara Daring

AKS Ibu Kartini Semarang Adakan Pengenalan Kampus Secara Daring

Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini Semarang menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau masa orientasi bagi mahasiswa baru secara virtual.

Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa baru agar dapat mengenal serta mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi kehidupan kampus. Oleh karena itu, kegiatan PKKMB ini wajib diikuti para mahasiswa baru Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang.

“PKKMB ini bertajuk Membentuk Mahasiswa Bebas Berkarya dengan Keterampilan Individu yang Berkualitas. Dilakukan secara virtual, namun ada dua perwakilan dari setiap program studi, yang mengikutinya secara langsung,” kata Direktur AKS Ibu Kartini, Mien Zyahratil Umami, dalam keterangan tertulis, Minggu 24/10/2021.

Ada tiga program studi di AKS Ibu Kartini, Seni Kuliner, Tata Rias, dan Desain Busana. Adapun para pemateri antara lain dari tim dosen dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), Prof Muhammad Zainuri.

Direktur Mien Zyahratil menambahkan, melalui kegiatan PKKMB ini, diharapkan calon mahasiswa baru dapat mengenal serta menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus. Selain itu, kegiatan PKKMB juga dapat menjadi ruang untuk menjalin serta mempererat tali silaturahmi antar-mahasiswa.

“Kebersamaan dan sinergi ini juga untuk berkarya serta mengapresiasi keterampilan tiap individu baik secara soft skill maupun hard skill sebagai bekal menjadi seorang wirausaha profesional mandiri sesuai dengan visi AKS Ibu Kartini,” jelasnya. Bentuk kegiatan PKKMB berupa ceramah, diskusi interaktif antar-mahasiswa baru dengan tema budaya dan etika bermedia sosial.

Kemudian, membuat life maping, membuat video hiasan atau kerajinan tangan sesuai program studi masing-masing, dan membuat opini tentang pendidikan Pancasila di era new normal. “Kegiatan PKKMB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu mengingat masih pada masa pandemi,” imbuhnya.

Selain itu kegiatan juga diikuti alumni untuk memberikan motivasi. Mereka yakni Program Studi Desain Busana AKS Ibu Kartini, Rudiyanto (owner Rudi Duri Fashion); alumni Program Studi Seni Kuliner, Arina Laila (owner Ashika Cakes); dan alumni Program Studi Tata Rias, Evi (MUA and Wedding Gallery).

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu