Alasan Munculnya Tahun Kabisat

Tahun 2024 merupakan tahun kabisat, yang berarti memiliki 366 hari dalam kalender. Tahun kabisat terjadi secara berkala setiap empat tahun dalam kalender Gregorian yang umum digunakan di seluruh dunia.

Pada tahun kabisat, bulan Februari mendapatkan tambahan satu hari. Jika pada tahun non-kabisat Februari hanya memiliki 28 hari, maka pada tahun kabisat jumlahnya menjadi 29 hari. Dengan kata lain, tahun kabisat adalah tahun yang dapat dibagi habis oleh empat.

Keberadaan tahun kabisat sangat penting karena satu tahun dalam kalender Gregorian lebih pendek daripada satu tahun matahari, yang merupakan waktu yang diperlukan Bumi untuk mengelilingi matahari secara penuh.

Satu tahun kalender memiliki 365 hari, sementara satu tahun matahari sekitar 365,24 hari. Jika perbedaan ini tidak diperhitungkan, jarak antara awal tahun kalender dan tahun matahari akan terus bertambah seiring waktu. National Air and Space Museum menjelaskan bahwa ini dapat menggeser waktu terjadinya musim, misalnya, menyebabkan musim panas di belahan bumi utara dimulai pada bulan Desember setelah sekitar 700 tahun.

Menambahkan hari kabisat setiap empat tahun dianggap sebagai solusi untuk mengatasi perbedaan waktu ini. Hari tambahan tersebut sekitar sama panjangnya dengan selisih yang terakumulasi selama periode tersebut, sehingga kalender Gregorian tetap sejalan dengan perjalanan Bumi mengelilingi matahari.

Istilah “leap year” dalam bahasa Inggris digunakan untuk menyebut tahun kabisat, yang artinya tahun yang melompat. Nama ‘leap’ berasal dari kenyataan bahwa mulai dari bulan Maret dan seterusnya, setiap tanggal pada tahun kabisat maju satu hari dari tahun sebelumnya. Sebagai contoh, 1 Maret 2023 jatuh pada Rabu, tetapi pada 2024 jatuh pada Jumat.

Selain kalender Gregorian, tahun kabisat juga terdapat dalam kalender Ibrani, Islam, China, dan Ethiopia. Namun, perlu dicatat bahwa keempat kalender tersebut tidak mengadopsi pola tahun kabisat setiap empat tahun seperti yang terjadi dalam kalender Gregorian.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu