Alasan Tingginya Angka Kematian di Jateng, Ganjar Minta Pandangan Sejumlah Pakar!

Alasan Tingginya Angka Kematian di Jateng, Ganjar Minta Pandangan Sejumlah Pakar!

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiah sejumlah alasan tingginya angka kematian pasien Covid-19 di Jawa Tengah. Ganjar menyebutkan, setidaknya ada tiga penyebab yang telah pemerintah identifikasi.

Penyebab utamanya ialah banyak warga Jateng yang takut melapor saat positif terpapar Covid-19. Ganjar menandai, hal ini menyulitkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam mengawasi dan membantu pasien Covid-19.

“Tidak semua mau didata, takut. Maka akhirnya sering kali muncul di media orang isolasi mandiri meninggal. Karena apa? Kita tidak bisa memantau. Karena apa? Mungkin belum melapor,” urai Ganjar dalam program #CHATROOM di instagram, pada Jumat (23/7/2021).

Alasan berikutnya adalah banyaknya pasien Covid-19 di Jawa Tengah yang memiliki penyakit bawaan atau kormobid. Kondisi yang seperti ini dapat memperburuk keadaan pasien.

Namun, Ganjar juga mengaku ketersediaan pasokan oksigen di rumah sakit yang terbatas juga menjadi faktor tingginya angka kemtian pasien Covid-19 di Jawa Tengah.

“Ada juga beredar kabar, saya sih belum mendapat secara langsung, tapi beredar kabar di media, kekurangan oksigen. Ada banyak cerita lah,” ujar Ganjar.

Politikus PDIP itu mengungkap bahwa pihaknya masih terus mencari cara mengatasi angka kematian yang tinggi di Jawa Tengah. Ganjar meminta pandangan sejumlah pakar dalam mencari solusi mengenai masalah ini.

“Kami betul-betul sedang mencari kenapa dan tanya kenapa kepada pakar bagaimana cara treatment-nya agar angka kematian bisa kita tekan. Secara dini sih yang paling bagus katanya vaksin,” jelasnya.

Jawa Tengah menjadi provinsi yang melaporkaan kematian terbanyak pada hari ini, Sabtu (24/7/2021). Angka kematian Provinsi Jawa Tengah pada hari ini mencapai 446 pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Sejak awal mula pandemi melanda, tercatat 16.212 jiwa yang meninggal dunia di Jawa Tengah dikarenakan Covid-19. Jumlah tersebut berhasil menempatkan Jawa Tengah di posisi kedua, provinsi dengan jumlah kematian terbanyak akibat Covid-19 di Indonesia.

You might also like
Tags: , , , , , ,

More Similar Posts

Menu