Alasan Upgrade Dari A04

7 Alasan Utama Mengapa Perlu Upgrade dari Samsung Galaxy A04 ke Galaxy A05

Samsung Galaxy A05, salah satu smartphone entry-level terbaru dari Samsung, resmi meluncur di Indonesia pada bulan Oktober 2023. Perangkat ini memiliki tugas besar, yaitu menggantikan posisi Samsung Galaxy A04 yang telah berjaya di segmen smartphone terjangkau sejak Oktober 2022.

Tentu saja, ada sejumlah perubahan signifikan yang membuat Samsung Galaxy A05 menjadi pilihan menarik bagi konsumen. Bagi kamu yang saat ini masih memegang Samsung Galaxy A04 sejak akhir tahun 2022, berikut ini adalah tujuh alasan utama mengapa sekarang mungkin saat yang tepat untuk segera meng-upgrade ke Samsung Galaxy A05.

  1. Performa yang Lebih Tinggi Salah satu peningkatan yang paling mencolok adalah pada performa perangkat. Kedua smartphone ini mengandalkan prosesor buatan MediaTek dengan perbedaan signifikan. Samsung Galaxy A04 menggunakan Helio P35 yang diperkenalkan pada Desember 2018, sementara Samsung Galaxy A05 dibekali dengan Helio G85 dari seri G yang dikenal lebih bertenaga dibanding seri P, dan prosesor ini diluncurkan pada Mei 2020.
  2. RAM dan Memori Internal yang Lebih Besar Samsung Galaxy A04 memiliki dua varian, yaitu 3/32GB dan 4/64GB. Sementara itu, Samsung Galaxy A05 hadir dalam tiga varian, dengan varian terendah memiliki RAM dan memori internal yang sama dengan varian tertinggi Samsung Galaxy A04. Dua varian lainnya memiliki konfigurasi 4/128GB dan 6/128GB. Selain itu, ada fitur RAM Plus yang memungkinkan penambahan kapasitas RAM secara virtual. Kedua perangkat ini juga memiliki tiga slot kartu, termasuk dua slot kartu SIM dan satu slot kartu microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB.
  3. Layar yang Lebih Luas Saat melihat kedua perangkat ini dari depan, kamu akan melihat bahwa keduanya memiliki layar dengan resolusi yang sama, yaitu 720 x 1600 piksel (HD+). Namun, Samsung Galaxy A05 memiliki layar yang sedikit lebih lebar, yakni 6,7 inci, dibandingkan dengan layar 6,5 inci pada Samsung Galaxy A04.
  4. Kemampuan Perekaman Video yang Lebih Tinggi Samsung Galaxy A05 memiliki kemampuan merekam video dengan frame per detik (fps) yang lebih tinggi, terutama pada kamera utama yang mampu merekam video Full HD@60fps. Sementara itu, Samsung Galaxy A04 terbatas pada resolusi Full HD@30fps. Selain itu, kamera depan Samsung Galaxy A05 memiliki resolusi yang lebih tinggi dan diafragma yang lebih besar, sehingga menghasilkan video dengan kualitas lebih baik.
  5. Dukungan Pengisian Daya yang Lebih Cepat Meskipun keduanya memiliki baterai 5000mAh, Samsung Galaxy A05 mendukung pengisian daya 25W, yang jelas membuat pengisian baterai lebih cepat daripada Samsung Galaxy A04 yang hanya mendukung pengisian 15W. Kedua perangkat ini sudah menggunakan soket USB Type C, yang semakin umum digunakan pada smartphone entry-level.
  6. Antarmuka dan Sistem Operasi yang Lebih Baru Samsung Galaxy A04 awalnya menjalankan OneUI Core 4.1 berbasis Android 12, sedangkan Samsung Galaxy A05 sudah menggunakan OneUI Core 5.1 berbasis Android 13. Antarmuka dan sistem operasi yang lebih baru juga mendukung pembaruan sistem operasi hingga dua generasi ke depan dan pembaruan keamanan hingga 4 tahun ke depan. Ini memberikan rasa nyaman dan keamanan ekstra saat menggunakan Samsung Galaxy A05 dalam jangka waktu yang lebih lama.
  7. Pilihan Warna dan Harga Ketika pertama kali dirilis pada Oktober 2022, Samsung Galaxy A04 dijual dengan harga sekitar Rp1,5 juta untuk varian 3/32GB dan Rp1,7 juta untuk varian 4/64GB. Terdapat tiga pilihan warna, yaitu copper, green, dan black. Setahun kemudian, Samsung Galaxy A05 dapat dibeli dengan harga sekitar Rp1,4 juta untuk varian 4/64GB, Rp1,6 juta untuk varian 4/128GB, dan Rp1,8 juta untuk varian 6/128GB. Tersedia tiga pilihan warna, yaitu black, silver, dan light green.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A05 menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Samsung Galaxy A04. Yang lebih menarik, perangkat ini masih tersedia dengan harga yang terjangkau.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu