Analisis Debat Cawapres 2024

Analisis Debat Keempat Pilpres 2024: Muhaimin, Gibran, dan Mahfud, Siapa Paling Menguasai?
Pada hari Minggu, 21 Januari 2024, Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah sukses dilaksanakan dengan tiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) utama, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Debat tersebut memaparkan enam tema krusial, termasuk pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, dan masyarakat adat desa.

Menurut Ahmad Khoirul Umam, Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Muhaimin dan Mahfud terlihat kompak dalam menyerang Cawapres Gibran Rakabuming Raka. Mereka membahas berbagai isu, termasuk kebijakan food estate, impor pangan, dan kritik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait petani.

Meskipun masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD terlihat memainkan sikap oposisi yang kritis terhadap sejumlah kebijakan pemerintah Jokowi, terutama terkait isu petani, subsidi pupuk, dan food estate yang dianggap gagal.

Muhaimin Iskandar, yang dikenal dengan panggilan Cak Imin, tampil lebih santai, berani, dan agresif. Dia melancarkan serangkaian kritik terbuka terhadap Gibran, menyentuh kebijakan pemerintahan Jokowi terkait pajak karbon, hilirisasi ugal-ugalan, dan devisa nikel yang minim. Cak Imin juga berusaha memprovokasi dengan menyentuh isu kepemilikan lahan 500.000 hektare milik Prabowo dan menyebut “catatan Mahkamah Konstitusi.”

Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka terlihat sesekali menyerang, namun lebih banyak memainkan strategi defensif untuk menjawab kinerja pemerintahan Jokowi. Penggunaan beberapa gimik yang dianggap kurang simpatik membuatnya menjadi sasaran pertanyaan receh dan tidak layak untuk dijawab.

Meskipun demikian, Umam menilai bahwa penampilan Muhaimin, Gibran, dan Mahfud dalam debat keempat cenderung berimbang, dengan masing-masing tetap disiplin dalam menjaga poin politik mereka. Umam juga menyoroti sikap kritis Mahfud yang mencerminkan sikap politik PDI Perjuangan yang semakin keras terhadap pemerintahan Jokowi.

Debat keempat Pilpres 2024 mengangkat tema-tema penting terkait pembangunan dan lingkungan, menjadi satu dari serangkaian metode kampanye. Dengan terselenggaranya debat ini, proses kampanye pemilu akan terus berlanjut selama 75 hari, hingga pemungutan suara serentak pada 14 Februari 2024. Pemilu tidak hanya menentukan presiden dan wakil presiden, tetapi juga anggota legislatif di tingkat nasional dan daerah.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu