Angka Pernikahan Dini Meningkat Akibat Pandemi

Angka Pernikahan Dini Meningkat Akibat Pandemi

Semarang – Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh para pakar mengatakan, angka pernikahan dini kian meningkat di masa pandemi Covid-19 yang disebabkan adanya permasalahan ekonomi. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang terus berusaha mencegah pernikahan dini sebagai bentuk dalam perlindungan anak.

Kepala DP3A Kota Semarang Mukhamad Khadik menjelaskan, perubahan pola hidup di masyarakat seperti bekerja dari rumah, anak bersekolah juga di rumah sehingga orang tua harus lebih memperbanyak waktu dan tenaga untuk mencari nafkah. Dampak dari situasi ini adalah dengan menurunkan status dan jumlah kepengasuhan anak dengan menikahkannya.

“Situasi ekonomi yang makin sulit membuat banyak orang tua harus mencurahkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mencari nafkah.  Konsekuensi dari situasi itu salah satunya adalah menurunnya kualitas dan kuantitas kepengasuhan anak,” ujar Khadik saat ditemui dalam Sosialisasi Pencegahan Anak Usia Dini, beberapa waktu lalu.

Dalam kesehariannya anak-anak tinggal di rumah tanpa pengawasan yang sesuai, seperti pola pengasuhan yang kurang, menjadikan anak mudah terpapar hal-hal negatif diantaranya pergaulan bebas dan pornografi diidentifikasi cukup berperan mengenai meningkatnya angka pernikahan usia dini.

Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3A Kota Semarang, Budi Satmoko menambahkan bahwa permohonan dispensasi nikah di Pengadilan Agama juga mengalami kenaikan. Dengan sosialisasi tersebut diharapkan angka pernikahan usia dini terutama di Kota Semarang bisa dikendalikan, karena pernikahan dini dapat menimbulkan masalah rumik jika tidak ada upaya pencegahan. Dimana secara mental dan material belum matang, sehingga dapat menimbulkan tindakan kekerasan dalam rumah tangga.

“Perbedaan batasan usia anak dan kelonggaran melakukan pernikahan di bawah tangan tidak dapat dipungkiri turut menjadi faktor pendorong naiknya angka pernikahan usia dini,” imbuhnya.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu