Antusiasme Vaksinasi Tinggi, List Jadi Berantakan

Hasil survei terbaru deskripsikan minat dan antusias masyarakat Indonesia terhadap vaksinasi Covid-19 sudah tinggi, tapi tidak sedikit masih mengalami sejumlah kendala.

Kendala itu berupa kesulitan mendaftar, antrean, dan ketersediaan stok vaksin Covid-19 di daerah tempat tinggal terdekat.

Survei ini dilakukan Change.org Indonesia bersama Katadata Insight Center (KIC) dan KawalCOVID19.id. Dilakukan selama periode 6 hingga 21 Agustus 2021 dilakukan secara online ke seluruh Indonesia, dengan melibatkan 8.299 responden.

Berdasar hasil survei, ditemukan sebanyak 77,9 responden sudah mendapatkan vaksinasi, dan 22,1 persen atau 1.831 orang responden di antaranya belum mendapatkan vaksinasi.

Bagi responden yang belum divaksin, mayoritas atau 61,7 persen atau 1.130 orang mengaku sangat ingin mendapatkan vaksinasi, tapi terkendala berbagai hal.

Alasan tertinggi 34,3 persen belum divaksinasi karena harus repot dengan antrian yang panjang, dan ramai di lokasi vaksinasi.

Selain itu 17,9 persen mengaku tidak tahu harus ke mana untuk vaksinasi,16,5 persen menunggu vaksinasi yang ampuh, 15,9 persen sudah datang tapi tidak kebagian vaksin, dan 15,8 persen karena vaksinasi belum tersedia di tempat tinggalnya.

Sisanya ada yang mengaku baru sembuh dari Covid-19, karena memiliki penyakit bawaan (komorbid), sedang hamil, data tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi, fobia suntikan, hingga didaftarkan vaksin gotong royong.

Manajer Riset Katadata Insight Center (KIC), Vivi Zabkie menyebutkan, mayoritas kelompok bersedia, tetapi belum divaksinasi, karena tidak tahu cara mendapatkan vaksin, sehingga berharap informasi vaksinasi didapatkan secara langsung.

“Berharap agar informasi tentang vaksinasi muncul di kanal yang bersifat langsung dan dekat dengan lingkungan mereka, seperti pengumuman dari ketua RT/RW (60,5%), disusul kanal informasi publik non pemerintah (50,8 persen),” beber Vivi dalam konferensi pers, pada Rabu (16/9/2021).

Melalui survei, juga diharapkan informasi terkini tentang vaksinasi tersedia di lingkungan terdekat dengan partisipasi ketua RT/RW, serta peningkatan edukasi seputar peran vaksinasi dalam memperkuat imunitas tubuh.

“Jangan sampai warga yang antusias untuk divaksinasi jadi putus asa karena sulit mendapatkan informasi terkini, atau terhambat masalah stok dan prosedur pendaftaran,” pungkas Co-founder KawalCOVID19.id, Elina Ciptadi di forum yang tersebut.

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Menu