Apple Bayar Ganti Rugi

Apple Mulai Membayar Ganti Rugi kepada Pemilik iPhone Lama
Apple telah memulai proses pembayaran ganti rugi kepada pemilik iPhone lawas yang terlibat dalam gugatan kelompok pada tahun 2020. Gugatan ini muncul setelah terbukti bahwa Apple sengaja memperlambat kinerja sejumlah model iPhone lawas, termasuk iPhone 6.

Dua pengguna, Ken Strand dan Michael Burkhardt, yang menjadi bagian dari gugatan tersebut, telah mengonfirmasi menerima pembayaran ganti rugi dari Apple. Burkhardt bahkan membagikan bukti pembayarannya melalui media sosial, yakni platform X (sebelumnya Twitter).

Menurut Burkhardt, setiap pemilik iPhone mendapatkan kompensasi sebesar 92,17 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 juta. Total denda yang harus dibayar oleh Apple mencapai 500 juta dollar AS, setara dengan sekitar Rp 7,7 triliun.

Gugatan ini dimulai pada Desember 2017, setelah Apple mengakui penggunaan fitur sistem manajemen daya di iOS 10.2.1 yang membuat iPhone menjadi lambat. Meskipun fitur tersebut dirancang untuk mencegah mati mendadak, Apple tidak memberikan informasi yang cukup transparan kepada pengguna dalam pembaruan iOS tersebut.

Apple kemudian meminta maaf dan memberikan opsi penggantian baterai iPhone dengan harga lebih murah pada tahun 2018. Potongan harga baterai ini berlaku untuk pemilik iPhone 6 atau model yang lebih baru yang memerlukan penggantian baterai, dan diberlakukan dari akhir Januari 2018 hingga akhir Desember 2018.

Meskipun memberikan opsi penggantian baterai, Apple terus membantah tuntutan hukum yang diajukan oleh pengguna. Pembayaran ganti rugi ini diambil sebagai langkah penyelesaian guna menghindari litigasi yang mahal, seperti yang dilansir oleh MacRumors pada Senin (8/1/2024).

Kelompok penggugat dalam kasus ini terdiri dari warga AS yang memiliki iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan/atau iPhone SE yang terkena dampak dan menggunakan iOS 10.2.1 atau versi OS yang lebih baru. Pengguna iPhone 7 atau iPhone 7 Plus dengan iOS 11.2 atau versi yang lebih baru sebelum 21 Desember 2017 juga dapat mengajukan klaim ganti rugi.

Pengajuan klaim sudah ditutup pada Oktober 2020, dan pembayaran ganti rugi baru dimulai pada Januari 2024. Meskipun fitur manajemen daya masih digunakan oleh Apple untuk iPhone 6 dan model baru lainnya, Apple kini lebih transparan dengan memberikan kontrol kepada pengguna. Pengguna dapat mematikan fitur yang membuat kinerja iPhone melambat, tetapi disertai dengan peringatan bahwa mematikan fitur tersebut memiliki risiko ponsel mati mendadak.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu