Apple Buka Izin Instalasi

Apple Membuka Peluang Instal Aplikasi di Luar App Store bagi Pengguna iPhone di Uni Eropa
Apple baru-baru ini mengumumkan keputusan penting yang dapat mengubah cara pengguna iPhone di Uni Eropa mengakses aplikasi. Perusahaan tersebut telah mengendurkan kebijakan mereka, yang sebelumnya melarang instalasi aplikasi dari sumber luar App Store, dengan memperbolehkan pengguna untuk mengunduh aplikasi dari sumber lain.

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) Uni Eropa, yang mengatur persaingan di pasar digital dan melarang praktik monopoli. DMA mengamanatkan bahwa Apple memberikan izin untuk instalasi aplikasi dari sumber luar App Store sebelum 6 Maret 2024, atau risiko kehilangan izin di wilayah tersebut.

Kebijakan ini diharapkan dapat menghasilkan beragam dampak positif, termasuk mendorong inovasi dan meningkatkan daya saing di pasar aplikasi. Pengguna juga dapat diuntungkan dengan adanya opsi toko aplikasi pihak ketiga, yang dapat memfasilitasi platform-platform yang lebih kecil.

Namun, tidak semua pengguna iPhone dapat langsung memanfaatkan kebijakan ini. Mereka harus menginstal pembaruan iOS 17.4 terlebih dahulu, yang saat ini hanya tersedia dalam versi beta untuk pengembang. Pembaruan ini juga akan memperkenalkan toko aplikasi alternatif yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi dari sumber luar App Store.

Selain itu, Apple juga telah mempersiapkan API baru untuk memungkinkan pembangunan toko aplikasi alternatif di iOS. Ini memberikan kesempatan bagi pengembang untuk membuat marketplace aplikasi alternatif untuk iPhone, dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Meskipun kebijakan ini memberikan peluang baru bagi pengembang, mereka tetap harus mematuhi standar keamanan dan keselamatan yang ditetapkan oleh Apple, mirip dengan proses yang berlaku untuk aplikasi di Mac. Apple tidak mengenakan biaya tetap atau komisi pada pengembang, namun mereka akan menetapkan Core Technology Fee sebesar 0,50 euro per instalasi, per akun, setiap tahun setelah aplikasi mencapai satu juta instalasi. Di bawah batas tersebut, pengembang masih dapat mengakses layanan tersebut secara gratis.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu