Atasi Cat Tembok Mengelupas

Ketika musim hujan tiba, risiko kerusakan dan pengelupasan cat tembok meningkat karena udara yang lembap dan air hujan yang merembes. Berikut adalah cara mengatasi masalah ini di rumah.

Warna cat tembok yang bagus dapat memengaruhi suasana hati pemilik rumah dan juga tamu yang datang. Namun, seringkali cat tembok mengelupas karena beberapa alasan.

Andre Kazimierski, seorang tukang cat profesional, menjelaskan bahwa penyebab paling umum pengelupasan cat dinding adalah karena cat tidak menempel dengan baik pada dinding sejak awal.

“Kejadian ini sering terjadi ketika Anda mengaplikasikan cat pada permukaan yang kotor atau basah, atau bahkan ketika suhu udara terlalu panas atau dingin,” kata Andre seperti yang dikutip dari Homes & Gardens.

Selain itu, kelembapan udara juga dapat menjadi penyebab pengelupasan cat. Ruangan yang mengalami kondensasi pada dinding atau tingkat kelembapan yang tinggi dapat merusak cat secara perlahan.

“Anda dapat menghindarinya dengan melakukan persiapan yang tepat dan memilih cat dengan hasil akhir dan kualitas yang sesuai untuk area tersebut, seperti penggunaan cat pencegah jamur di area lembab seperti dapur dan kamar mandi,” tambahnya.

Berikut adalah cara mengatasi cat tembok yang mengelupas:

1. Bersihkan cat tembok lama yang mengelupas
Langkah pertama adalah membersihkan dinding dari cat yang mengelupas agar mendapatkan permukaan dinding yang halus. Pengikis dapat digunakan untuk membersihkan cat yang mengelupas dari dinding.

2. Amplas bagian dinding yang masih kasar
Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dinding dapat diamplas. Alternatifnya, Anda juga dapat membersihkannya dengan air hangat dan sabun, lalu biarkan kering sebelum melakukan pengecatan ulang.

3. Gunakan primer berkualitas
Setelah membersihkan dinding, gunakan cat dasar atau primer berkualitas sebelum melakukan pengecatan ulang. Hal ini akan membantu mencegah pewarnaan pada dinding jika pengelupasan disebabkan oleh jamur atau kelembapan, serta menciptakan permukaan dinding yang lebih halus. Setelah itu, lakukan pengecatan ulang dinding.

4. Cat ulang dinding yang mengelupas
Langkah terakhir adalah mengecat ulang dinding menggunakan warna yang sudah ada pada dinding agar warna tetap seragam.

Dengan demikian, inilah cara mengatasi cat tembok yang mengelupas akibat udara lembap dan rembesan air hujan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu