Atasi Tembok Berjamur Karena Hujan

Hujan yang sering turun akhir-akhir ini telah meningkatkan kelembapan udara, yang dapat memicu pertumbuhan jamur, termasuk di tembok rumah. Bagaimana caranya mengatasi masalah ini?

Jamur pada tembok rumah bisa memiliki berbagai warna, seperti kehitaman, hijau, cokelat, atau bahkan putih. Pertumbuhan jamur bukan hanya merusak estetika rumah, tetapi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Jika pertumbuhan jamur masih tergolong ringan, Anda dapat mencoba mengatasi sendiri. Namun, jika pertumbuhan jamur cukup parah, bantuan profesional mungkin diperlukan.

Penyebab tumbuhnya jamur pada tembok rumah adalah spora jamur yang menyebar melalui udara. Kelembapan udara yang tinggi mendukung pertumbuhan jamur, dan kebocoran atau banjir juga dapat menjadi pemicu.

Berikut adalah cara mengatasi tembok yang berjamur karena hujan:

1. Gunakan alat pelindung seperti sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung sebelum memulai proses pembersihan.

2. Tingkatkan sirkulasi udara di ruangan dengan membuka jendela atau menggunakan kipas agar udara dapat mengalir lebih lancar.

3. Campurkan larutan pembersih dengan menggunakan sabun cuci piring, cairan pemutih klorin, dan air hangat. Takaran yang bisa digunakan antara lain 1 sendok makan sabun cuci piring, 150 mililiter cairan pemutih, dan 250 mililiter air hangat. Masukkan campuran ke dalam botol semprot.

4. Semprotkan larutan pembersih ke area dinding yang berjamur, lalu bersihkan menggunakan spons. Bersihkan jamur dari bawah ke atas untuk mencegah penyebaran spora.

5. Biarkan dinding mengering dengan sendirinya setelah proses pembersihan. Jangan menyeka dinding yang basah oleh larutan.

6. Periksa apakah masih ada noda gelap setelah dinding benar-benar kering. Jika masih ada, ulangi proses pembersihan dengan larutan baru.

Ciri-ciri jamur tumbuh di rumah antara lain adanya bau apek, kebiasaan mengabaikan kebocoran, dinding terasa lembut atau lembap, dan penumpukan kelembapan.

Untuk mencegah pertumbuhan jamur, perbaiki kebocoran segera, tingkatkan sirkulasi udara, dan bersihkan ruangan yang rawan pertumbuhan jamur secara rutin.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengatasi masalah tembok berjamur akibat hujan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu