Awas Bahaya Ambeien

Berita ini mengungkapkan bahwa beberapa kebiasaan sehari-hari yang terlihat sepele ternyata dapat menjadi pemicu ambeien atau wasir. Ambeien sendiri merupakan kondisi pembengkakan pembuluh vena di luar anus atau rektum bagian bawah.

Wasir dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang berulang. Meskipun jarang menjadi kasus serius, gejala ambeien biasanya dapat hilang dalam beberapa hari.

Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan ambeien antara lain:

  1. Mengangkat benda berat: Kebiasaan mengangkat benda berat dapat meningkatkan tekanan pada rektum, menyebabkan pembuluh darah membengkak dan ambeien muncul.
  2. Duduk di toilet terlalu lama: Duduk terlalu lama di toilet dapat memberikan tekanan berlebihan pada pembuluh darah di sekitar anus, yang dapat memicu ambeien.
  3. Asupan serat yang minim: Diet dengan asupan serat yang kurang dapat menyebabkan feses terlalu keras, menyulitkan proses buang air besar dan meningkatkan risiko ambeien.
  4. Diare: Selain sembelit, diare juga dapat menjadi pemicu ambeien. Buang air besar yang terlalu sering dapat menyebabkan tekanan pada area anus.
  5. Malas olahraga: Kebiasaan malas olahraga dapat menyebabkan kelebihan berat badan, yang memberikan tekanan ekstra pada area anus dan meningkatkan risiko ambeien.

Dengan menjaga gaya hidup yang sehat, seperti mengangkat benda berat dengan benar, mengurangi waktu duduk di toilet, meningkatkan asupan serat, mengatasi diare, dan rutin berolahraga, seseorang dapat mengurangi risiko terkena ambeien.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu