Baterai Mobil Listrik Meledak

Meledaknya Baterai Mobil Listrik Menghancurkan Lima Mobil di Bandara Sydney
Bandara Sydney, Senin (11/9/2023) malam, menjadi saksi kejadian mengerikan ketika lima mobil hancur akibat meledaknya baterai lithium-ion dalam salah satu kendaraan.

Kejadian ini berlangsung di bawah menara kontrol di ujung selatan Airport Drive, Mascot, dan memicu respons dari tim pemadam kebakaran. Petugas pemadam kebakaran segera bertindak dan berhasil memadamkan api yang merajalela.

Inspektur Adam Dewberry dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan NSW menjelaskan bahwa kejadian kebakaran akibat baterai lithium-ion tidaklah asing, tetapi baterai kendaraan listrik sebelumnya jarang menjadi sorotan pihak berwenang.

“Baterai mobil listrik sangat berbeda dengan baterai pada perangkat yang lebih kecil seperti skuter atau sepeda listrik. Kami tidak banyak mendapati kasus kebakaran yang disebabkan oleh baterai kendaraan elektronik. Baterai kendaraan listrik umumnya mematuhi standar yang ketat,” katanya.

Meskipun demikian, inspektur ini menyatakan ketidaktahuan tentang merek kendaraan yang terlibat dalam kejadian ini, tetapi mengindikasikan bahwa produsen mobil kemungkinan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Selain itu, masih belum jelas mengapa baterai kendaraan tersebut dikeluarkan sebelum terjadinya kebakaran. Pada saat kejadian, terdapat sekitar 25 hingga 30 mobil yang terparkir di area tersebut.

Inspektur Adam mengingatkan akan potensi risiko kebakaran yang lebih besar bisa saja terjadi dalam kondisi serupa. Tim pemadam kebakaran di bandara sangat responsif dan efisien dalam menangani insiden ini, walaupun api menyebar dengan cepat.

Tim pemadam kebakaran dan penyelamat juga menjalankan pemantauan baterai yang terlibat dalam kejadian tersebut sepanjang malam, sebelum kemudian mengembalikan lokasi kejadian kepada pihak penyelidik bandara.

Dalam menghadapi situasi kebakaran baterai lithium-ion, petugas pemadam kebakaran akan mengambil langkah-langkah untuk mendinginkan baterai dan menempatkannya dalam wadah berisi air untuk mencegah kemungkinan reaksi berulang api.

Alternatifnya, mereka juga siap berjaga-jaga di lokasi jika terdapat percikan api dalam semalam. Kejadian ini menunjukkan perlunya perhatian lebih lanjut terhadap aspek keamanan baterai kendaraan listrik guna mencegah insiden serupa di masa depan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu