Bawaslu Kota Semarang Ikut Awasi Pengelolaan dan Inventarisasi Logistik

SMID-Bawaslu Kota Semarang Ikut Awasi Pengelolaan dan Inventarisasi Logistik

Semarang – Perwakilan Badan Pengawas Pimpinan Umum (Bawaslu), Kordiv Penanganan Pelanggaran, Naya Amin Zaini dan Pimpinan KPU Kota Semarang menghadiri kegiatan pengelolaan dan inventarisasi logistik di Gudang KPU Kota Semarang, yang digunakan sebagai tempat penyimpanan logistik Pilkada Kota Semarang.

Naya mengatakan kegiatan tersebut berdasarkan UU No. 10 Tahun 2016, Pasal 14 huruf f, yang berbunyi “Mengelola, memelihara, dan merawat arsip/dokumen serta melaksanakan penyusutan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan” dan huruf g, berbunyi “mengelola barang inventaris KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang–undangan” juncto PKPU No. 35 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya Pasca Penyelenggaraan Pilkada,” imbuhnya.

Kegiatan ini meliputi pelelangan kardus, pemusnahan sobekan kertas dan plastik, serta pengamanan form plano, dan lainnya. Melakukan kegiatan pengelolaan dan inventaris logistik ini adalah perintah dari KPU RI melalui KPU Provinsi kepada Kabupaten/Kota yang sudah tidak ada PHPU, sehingga bisa dilakukan dilakukan pengelolaan dan inventaris logistik setelah pilkada secara tuntas.

Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu Kota Semarang, diminta pandangannya terkait pengelolaan dan inventaris logistik pasca pilkada. Oleh karena itu, barang yang dilelang diperhatikan syarat dan prosedurnya, dan uang hasil pelelangan masuk ke kas negara.

“Barang yang masih di amankan adalah dokumen negara agar disimpan dengan baik ke ANRI sesuai mekanisme dan prosedur. Kegiatan tersebut, hendaknya dilakukan dengan Berita Acara tersurat,” jelasnya.

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu