Bea Cukai Semarang Dukung Penyerapan Tenaga Kerja di Masa Pandemi

Bea Cukai Semarang mendukung kegiatan ekspor dan penyerapan tenaga kerja oleh perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat di tengah lesunya perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang Sucipto menyiah, fasilitas fiskal yang diberikan perusahaan Kawasan Berikat berdampak pada perputaran roda perekonomian masyarakat, terutama penyerapan tenaga kerja.

“Salah satu dampaknya dapat kita lihat dengan adanya kegiatan subkontrak perusahaan atau pengalihdayaan kegiatan tertentu dalam rangka produksi barang, dapat menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar perusahaan,” ujarnya.

Sebanyak 100 lebih perusahaan Kawasan Berikat di bawah pengawasan Bea Cukai

Semarang, salah satunya yakni PT Ara Shoes Indonesia.

Dalam pengerjaan subkontrak pembuatan sepatu, perusahaan yang beralamatkan di Bergas, Ungaran, turut memberdayakan warga sekitar terutama para ibu rumah tangga melaui Koperasi Unit Desa (KUD) dengan menjahit upper sepatu bagian alasnya.

Di sisi lain, PT Inko Java yang juga berlokasi di Ungaran mengadakan subkontrak pemasangan tali ke sarung tangan baseball kepada warga Desa Sumowono.

“Dengan pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan subkontrak tersebut, tentu dapat memengaruhi perputaran roda perekonomian. Hal ini sejalan dengan tujuan adanya Kawasan Berikat, selain mendorong perekonomian juga dapat menyerap tenaga kerja,” pungkas Sucipto.

You might also like
Tags: , , , ,

More Similar Posts

Menu