Beasiswa Unggulan 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuka pendaftaran untuk program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi 2024 mulai tanggal 1 Juli hingga 14 Juli 2024. Beasiswa ini ditujukan bagi masyarakat yang memiliki potensi intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi menawarkan berbagai manfaat seperti biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, dan biaya penelitian. Beasiswa ini tersedia baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa yang sedang menempuh studi.

Beberapa syarat umum dan khususnya antara lain:

Syarat Umum:
1. Calon penerima beasiswa harus memiliki sertifikat yang menunjukkan prestasi akademik atau non-akademik tingkat nasional atau internasional.
2. Harus mendapatkan rekomendasi dari guru Bimbingan Konseling sekolah asal untuk pendaftar S1, dan dari pimpinan perguruan tinggi atau pembimbing akademik untuk pendaftar S2/S3.
3. Tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain dengan pembiayaan yang sama.
4. Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama sebelumnya.
5. Tidak berstatus sebagai dosen, guru, tenaga kependidikan, atau pelaku budaya.
6. Diterima di perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi minimal B, dan pada program studi yang terakreditasi minimal B, atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kemendikbudristek.
7. Berkomitmen untuk mempertahankan Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,00 untuk program S1, dan minimal 3,25 untuk program S2/S3 selama menjadi penerima Beasiswa Unggulan.

Syarat Khusus:
1. Bagi pendaftar program S1, harus lulus dari pendidikan menengah maksimal dua tahun sebelum pendaftaran.
2. Untuk mahasiswa baru, belum berusia lebih dari 32 tahun (untuk S2) dan 46 tahun (untuk S3) pada 31 Desember tahun berjalan, atau belum berusia lebih dari 33 tahun (untuk S2) dan 47 tahun (untuk S3) untuk mahasiswa yang sedang menempuh studi.
3. Memiliki surat penerimaan atau surat keterangan lulus (Letter of Acceptance/LoA) dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru.
4. Memiliki surat keterangan aktif kuliah minimal dari dekan fakultas (S1) atau direktur pascasarjana (S2/S3) bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi.
5. Bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi, harus berada maksimal pada semester 3 atau memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 untuk program S1 dan S2, serta minimal 3,40 untuk program S3.
6. Memiliki sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dengan predikat sekurang-kurangnya Madya untuk program S1, dan Unggul untuk program S2 dan S3.
7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri, dengan skor minimal tertentu sesuai dengan jenjang studi yang dilamar.
8. Menyusun esai dalam bahasa Indonesia dengan tema “Karya Hebatku untuk Kemajuan Indonesia”, dengan panjang esai minimal 1.000 kata dan maksimal 1.500 kata untuk program S1, serta minimal 1.500 kata dan maksimal 2.000 kata untuk program S2 dan S3.

Beasiswa ini menawarkan kesempatan bagi masyarakat berprestasi untuk mengembangkan potensi mereka dalam pendidikan, serta berkontribusi pada kemajuan Indonesia melalui berbagai karya dan prestasi yang dihasilkan.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu