Beberapa Contoh Gangguan Kesehatan Mental

Kesehatan mental mencakup berbagai aspek, termasuk emosi, pikiran, dan keadaan psikologis seseorang yang memengaruhi cara mereka berpikir, merasa, dan bertindak sehari-hari.

Beberapa gangguan mental melibatkan kondisi-kondisi berikut:

  1. Gangguan Kecemasan

Menurut World Health Organization pada tahun 2019, sekitar 301 juta orang, termasuk 58 juta anak dan remaja, hidup dengan gangguan kecemasan. Gangguan ini dicirikan oleh kecemasan berlebihan dan gangguan perilaku terkait yang dapat menyebabkan penderitaan dan gangguan fungsi yang signifikan.

  1. Depresi

Dilansir dari Better Health, depresi adalah gangguan mood yang ditandai oleh penurunan mood, kehilangan minat dan kesenangan, serta berkurangnya energi. Pada tahun 2019, sekitar 280 juta orang, termasuk 23 juta anak dan remaja, hidup dengan depresi.

  1. Gangguan Bipolar

Individu dengan gangguan bipolar mengalami episode depresi yang bergantian dengan periode gejala manik. Pada tahun 2019, sekitar 40 juta orang mengalami gangguan bipolar. Mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk bunuh diri, tetapi pilihan pengobatan efektif melibatkan psikoedukasi, pengurangan stres, penguatan fungsi sosial, dan pengobatan.

  1. Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD)

Menurut Medical News Today, PTSD bisa muncul setelah seseorang mengalami atau menyaksikan peristiwa traumatis. Gejalanya dapat terjadi selama beberapa minggu dan menyebabkan gangguan fungsi yang signifikan.

  1. Skizofrenia

Skizofrenia memengaruhi sekitar 24 juta orang di seluruh dunia. Penderita skizofrenia memiliki harapan hidup yang lebih rendah. Gangguan ini ditandai oleh gangguan persepsi, perubahan perilaku, dan gejala seperti delusi, halusinasi, pemikiran tak teratur, serta perilaku tak terkendali atau agitasi ekstrem. Orang dengan skizofrenia mungkin mengalami kesulitan dalam fungsi kognitifnya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu