Beda Emas Antam, Pegadaian, UBS

Harga Emas Antam di Semarang Naik Rp 1.000 Per Gram

Salah satu bentuk investasi yang dianggap aman, yang juga dikenal sebagai ‘safe haven’, adalah emas. Pasalnya, emas memiliki nilai yang mengikuti inflasi dalam jangka waktu yang panjang. Jika tertarik untuk membeli emas, ada dua pilihan utama, yaitu Antam dan UBS. Kedua-duanya memiliki kadar emas sebesar 99,99%, namun terdapat beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan.

Perbedaan pertama terletak pada produsennya. Emas Antam diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sementara emas UBS diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera (UBS), yang merupakan perusahaan swasta. UBS tidak hanya fokus pada produksi emas batangan, tetapi juga memiliki brand perhiasan seperti Venus dan Starshine.

Selanjutnya, perbedaan kedua terkait dengan sertifikat. Emas Antam memiliki keunggulan dengan sertifikat standar London Bullion Market Association (LBMA), memungkinkan pemiliknya untuk menjualnya di pasar global. Sebaliknya, emas UBS menyediakan sertifikat nasional dari UBS sendiri, sehingga pangsa pasarnya masih terbatas dalam negeri.

Aspek ketiga yang perlu dipertimbangkan adalah harga. Meskipun harga keduanya bergantung pada beratnya, harga emas Antam cenderung lebih tinggi karena keunggulan sertifikat dan pangsa pasar yang lebih luas. Sebagai contoh, harga emas Antam seberat 0,5 gram saat ini sebesar Rp614.000, sedangkan emas UBS seberat 0,5 gram dijual dengan harga Rp585.000.

Selain itu, perbedaan lainnya terkait dengan lokasi pembelian. Emas Antam dapat dibeli langsung di unit bisnisnya di Pulogadung, Jakarta Timur, atau melalui toko emas di berbagai kota dan secara online melalui www.logammulia.com. Di sisi lain, UBS dapat dibeli di toko emas, pegadaian, atau melalui www.ubslifestyle.com.

Terakhir, selain Antam, Pegadaian juga merupakan mitra bisnis Antam dan menjual emas dari Antam. Meskipun produk emas di Pegadaian sedikit lebih tinggi dalam harga untuk mendapatkan margin penjualan, terdapat perbedaan biaya tambahan dan keuntungan investasi. Antam memberlakukan keanggotaan dengan biaya administrasi lebih murah, sedangkan Pegadaian mengenakan biaya sesuai layanan yang dipilih.

Meskipun emas Antam cenderung lebih murah daripada Pegadaian, tetapi proses pembelian emas Antam memerlukan registrasi langsung di butik Antam di daerah tertentu dengan kuota pembelian. Di Pegadaian, pembeli memiliki opsi untuk menyicil emas mulai dari 0,1 gram tanpa adanya kuota pembelian, meskipun harga beli emas bisa lebih mahal karena Pegadaian memasok emas dari produsen.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu