Begini Cara Baca Kode Oli Mesin

Penting bagi pemilik kendaraan untuk memahami kode-kode yang tertera pada botol oli mesin mereka. Hal ini tidak hanya sekadar sebagai informasi, tapi juga untuk mencegah kerusakan pada mesin kendaraan, yang bisa dikatakan sebagai jantung penggeraknya. Memilih pelumas yang sesuai dengan spesifikasi yang tepat dapat menjadi langkah penting dalam menjaga performa mesin kendaraan dan memperpanjang usia pakainya. Ada tiga kode utama yang perlu dipahami, yaitu SAE, API, dan JASO.

Kode SAE (Society of Automotive Engineers) menunjukkan kekentalan oli pada berbagai rentang suhu. Angka pertama dalam kode tersebut menunjukkan tingkat kekentalan pada suhu dingin, sementara angka setelah tanda “W” (singkatan dari “Winter”) menunjukkan kekentalan saat mesin sudah panas. Semakin besar angka yang tertera, semakin kental oli tersebut pada suhu yang sesuai.

Kode API (American Petroleum Institute) menentukan kualitas oli. Huruf pertama pada kode tersebut menandakan jenis bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan (S untuk bensin, C untuk diesel), sementara huruf kedua menunjukkan tingkat kualitas oli tersebut. Oli dengan huruf yang lebih baru biasanya menandakan kualitas yang lebih baik.

Kode JASO (Japanese Automotive Standards Organization) merupakan standar kualitas oli khususnya untuk kendaraan bermotor. Kode ini penting untuk dipahami oleh pemilik sepeda motor karena mempengaruhi performa dan keamanan mesin. Oli dengan kode JASO MA cocok untuk sepeda motor dengan kopling basah seperti bebek dan sport, sementara JASO MB lebih sesuai untuk sepeda motor matic dengan kopling kering.

Memilih oli yang tepat sesuai dengan kode-kode tersebut merupakan langkah awal yang penting dalam merawat kendaraan. Dengan memahami kode-kode tersebut, pemilik kendaraan dapat memastikan bahwa mereka menggunakan pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan mereka, sehingga dapat menjaga performa optimal dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Selain itu, penggunaan oli yang sesuai juga dapat membantu dalam mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang umur mesin kendaraan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu