Begini Cara Scan QR Code PeduliLindungi

Sertifikat vaksin saat ini sudah banyak digunakan di berbagai lokasi dan tempat umum dan termasuk jadi syarat bepergian.

Masyarakat yang sudah menerima vaksin COVID-19 biasanya akan otomatis menerima sertifikat vaksin. Sertifikat ini dapat dicek di aplikasi PeduliLindungi. Apabila mengalami kesulitan ketika mengunduh sertifikat vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, silahkan cek

 

Kesulitan Unduh Sertifikat Vaksinasi di Aplikasi PeduliLindungi? Simak Tips Berikut..

 

Lalu bagaimana jika hendak mengscan sertifikat vaksinasi saat sedang mengunjungi suatu tempat wisata? Berikut rangkumannya:

Scan QR Code Pakai PeduliLindungi

Selain unduh sertifikat vaksin dengan NIK, kamu juga bisa melakukan cara lain untuk menggunakan sertifikat vaksin di tempat-tempat umum. Caranya adalah dengan langsung melakukan scan barcode yang tersedia di loket check-in.

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi yang sudah didownload dari Google Play atau Play Store
  2. Pastikan sudah login di aplikasi dengan akun yang telah didaftarkan sebelumnya
  3. Pilih menu ‘scan qr code’
  4. Arahkan kamera handphone ke kode QR yang terpasang di tempat umum yang dituju
  5. Secara otomatis, aplikasi akan melakukan verifikasi dan menunjukkan barcode dengan warna tertentu.

Makna Tampilan Warna Pasca Scan Barcode

Ada 4 warna yang akan tampil di laman PeduliLindungi setelah melakukan scan barcode, ini beberapa artinya:

  1. Hijau: pengguna sudah divaksinasi lengkap, berstatus aman dan tidak terinfeksi Covid. Pengguna diperbolehkan masuk sejumlah tempat umum hingga transportasi umum.
  2. Kuning/oranye: pengguna sudah divaksinasi dosis pertama. Pengguna diperbolehkan masuk menyesuaikan dengan kebijakan pengelola tempat tujuan.
  3. Hitam: pengguna terdata sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengguna yang ditemukan dengan warna ini tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum.
  4. Merah: pengguna belum divaksinasi Covid-19, terpapar atau memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19. Jika saat scan barcode menunjukkan warna merah, maka pengguna tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum maupun layanan transportasi umum.
You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Menu