Begini Memasak Cumi Dengan Benar

Cumi merupakan hidangan laut yang dapat diolah menjadi berbagai sajian lezat dan menggugah selera. Ada beberapa metode pengolahan cumi, seperti digoreng, ditumis, dibakar, dan lainnya. Namun, terkadang, cumi yang telah dimasak dapat memiliki tekstur yang keras saat digigit. Sebenarnya, berapa lama waktu yang ideal untuk memasak cumi agar tidak terlalu kenyal?

Cumi bisa menjadi keras dan sulit dikunyah jika dimasak terlalu lama. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus dalam proses memasak agar cumi memiliki tekstur yang empuk.

Jadi, berapa lama sebaiknya memasak cumi? Menurut informasi dari La Cucina Italiana, idealnya cumi dimasak selama 3 menit saja. Waktu tersebut dianggap cukup untuk menjaga kelembutan dan tekstur cumi. Apabila cumi dimasak lebih dari 3 menit, risiko teksturnya menjadi kenyal dan alot seperti karet.

Jika sudah terlanjur dimasak terlalu lama, ada cara untuk menyiasatinya. Cumi yang telah dimasak terlalu lama dapat direbus kembali selama sekitar 30 menit. Setelah itu, rendam dalam air dingin agar dagingnya kembali empuk dan tidak alot saat digigit.

Untuk memanggang cumi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kandungan air yang tinggi dalam cumi membuatnya sulit matang saat dipanggang. Oleh karena itu, pastikan permukaan cumi kering sebelum dipanggang dengan menepuk-nepuknya menggunakan tisu untuk menghilangkan kelembapan. Setelah itu, panggang dengan minyak agar tidak menempel pada panggangan.

Penting juga untuk menghindari pemanggangan terlalu lama agar cumi tetap mempertahankan tekstur empuknya. Sebaiknya, memanggang cumi selama 3-5 menit saja untuk mendapatkan hasil yang lezat.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu