Berikut Alasan Olahraga Pagi Bisa Turunkan Berat Badan

Olahraga di pagi hari diketahui lebih efektif dalam menurunkan berat badan, meskipun kegiatan olahraga dapat dilakukan kapan saja. Hal ini disampaikan oleh sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2023 di jurnal Obesity. Menurut penelitian tersebut, berolahraga antara jam 7 hingga 9 pagi dapat mempercepat proses penurunan berat badan dan mengurangi lemak perut.

Meskipun bagi sebagian orang olahraga di pagi hari mungkin terasa sulit, terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan untuk membuatnya menjadi kebiasaan yang baik dan lebih mudah dijalani. Menurut Noel Miller, seorang pelatih utama di Row House, langkah-langkah seperti menjadwalkan kelas olahraga pagi, mengonsumsi camilan ringan berprotein, menyiapkan pakaian olahraga dan tas olahraga sebelumnya, serta tidur lebih awal dapat membantu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa olahraga pagi hari dianggap lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan sore hari:

  1. Menghindari distraksi: Berolahraga sebelum memulai hari yang sibuk dapat membantu menghindari gangguan dan tugas-tugas yang dapat mengganggu fokus.
  2. Membangun suasana positif: Olahraga pagi membantu meningkatkan mood secara alami dan menciptakan suasana positif sepanjang hari.
  3. Membantu tidur lebih baik: Berolahraga di pagi hari dapat memanfaatkan ritme sirkadian tubuh, membantu memaksimalkan pengurangan hormon stres (kortisol) saat tubuh bersiap untuk tidur.
  4. Membangun kebiasaan baik: Konsistensi olahraga pagi membantu membentuk rutinitas yang tidak mudah terganggu oleh kejadian tak terduga, membantu membentuk kebiasaan yang lebih teratur.
  5. Pembuka jalan bagi pola hidup lebih sehat: Memulai hari dengan olahraga dapat meningkatkan semangat dan pola pikir yang benar untuk membuat pilihan sehat sepanjang hari.
  6. Mengutamakan perawatan diri: Memulai hari dengan olahraga pagi mengirimkan pesan bahwa kesehatan dan kesejahteraan pribadi adalah prioritas, yang pada gilirannya membuat seseorang lebih siap untuk mengurus tugas-tugas lainnya.

Dengan demikian, olahraga pagi bukan hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga berpotensi membentuk pola hidup sehat secara keseluruhan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu