Berikut Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan dan dukungan bagi mahasiswa yang tergabung dalam Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini ditujukan khusus untuk mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), keluarga miskin atau rentan miskin, dan/atau menghadapi kondisi khusus seperti daerah afirmasi, dampak bencana, konflik sosial, atau disabilitas.

Besaran bantuan maksimal bagi mahasiswa program studi terakreditasi A adalah Rp12 juta untuk bidang kedokteran dan Rp8 juta untuk non-kedokteran. Sementara itu, untuk program studi terakreditasi B, bantuan maksimal adalah Rp4 juta, dan Rp2,4 juta untuk terakreditasi C.

Program PIP mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses, dan peluang belajar bagi peserta didik dan mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin. Namun, perlu diingat bahwa KIP-Kuliah tidak mencakup biaya seperti jas almamater, baju praktikum, asrama, kuliah kerja nyata, praktik kerja lapangan, magang, kegiatan pembelajaran dan penelitian mandiri, serta biaya wisuda.

Syarat penerima beasiswa KIP Kuliah melibatkan lulusan sekolah menengah atas atau sejenisnya yang lulus dalam dua tahun terakhir, lulus seleksi masuk perguruan tinggi, memiliki potensi akademik baik tetapi terbatas secara ekonomi, dan/atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin atau dengan pertimbangan khusus.

Proses pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan secara daring melalui situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Langkah-langkahnya mencakup pembuatan akun, penginputan data seperti NIK, NISN, dan NPSN, validasi data, dan penyelesaian pendaftaran sesuai dengan jalur seleksi yang diikuti. Calon penerima KIP Kuliah yang diterima di perguruan tinggi akan mengikuti verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu