Berikut Ciri Ginjal Bermasalah

Ginjal adalah organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam menyaring limbah dan kelebihan zat dari darah. Ketika ginjal mengalami kerusakan, fungsi tubuh dapat terganggu. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang di seluruh dunia tidak menyadari adanya penurunan fungsi ginjal.

Menurut Dr. Joseph Vassalotti, Kepala Petugas Medis National Kidney Foundation, penyakit ginjal sering tidak terdeteksi karena penderitanya jarang mengalami gejala. Sebagai akibatnya, banyak kasus baru terungkap saat sudah mencapai tahap gagal ginjal.

“Penderita penyakit ginjal seringkali tidak mengalami gejala hingga mencapai tahap akhir. Oleh karena itu, hanya 10 dari 100 orang dengan penyakit ginjal kronis yang menyadari bahwa mereka menderita penyakit ini,” ungkap Dr. Vassalotti.

Dr. Vassalotti menekankan bahwa cara terbaik untuk mengetahui kesehatan ginjal adalah dengan melakukan pemeriksaan khusus dan memahami tanda-tanda tertentu. Berikut adalah 10 tanda masalah ginjal:

1. Kesulitan Tidur: Gangguan tidur dapat menjadi tanda penurunan fungsi ginjal, terutama pada penderita sleep apnea.

2. Urin Berbuih: Gelembung berlebih pada urin menunjukkan adanya protein, seperti albumin, yang dapat menjadi tanda gangguan ginjal.

3. Kulit Kering dan Gatal: Kulit kering dan gatal dapat mengindikasikan masalah mineral dan tulang yang sering terkait dengan penyakit ginjal parah.

4. Sering Buang Air Kecil: Merasa sering buang air kecil, terutama pada malam hari, bisa menjadi tanda gangguan ginjal.

5. Urin Berdarah: Urin berdarah dapat menunjukkan rusaknya filter ginjal dan juga bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

6. Mudah Kelelahan: Kelelahan, kelemahan tubuh, dan sulit berkonsentrasi dapat menjadi tanda penurunan fungsi ginjal dan komplikasi seperti anemia.

7. Bengkak di Sekitar Mata: Pembengkakan di sekitar mata dapat disebabkan oleh kebocoran protein ke dalam urin akibat kerusakan filter ginjal.

8. Pergelangan Kaki dan Kaki Bengkak: Retensi natrium karena penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

9. Nafsu Makan Menurun: Penurunan nafsu makan dapat terkait dengan penumpukan racun akibat penurunan fungsi ginjal.

10. Kram Otot: Gangguan fungsi ginjal dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan kram otot akibat kadar kalsium dan fosfor yang tidak terkontrol dengan baik.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu