Berikut Manfaat Air Rebusan Serai

Serai, rempah dengan nama latin Cymbopogon citratus, sering digunakan sebagai bumbu masakan dengan aroma khasnya. Tanaman ini tumbuh melimpah di Asia, termasuk India, dan selain digunakan sebagai bumbu masakan, air rebusan serai juga dijadikan teh atau minuman herbal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa serai kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik, yang memiliki efek antibakteri dan antijamur. Senyawa-senyawa ini juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Menurut laporan dari Medical News Today, konsumsi air rebusan serai secara rutin memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Meredakan Kecemasan: Aroma serai dapat membantu meredakan kecemasan, menurut Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering. Meskipun belum ada bukti yang cukup, minum teh serai mungkin dapat memberikan efek menenangkan.
  2. Menurunkan Kolesterol: Studi pada 2011 menemukan bahwa ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol pada hewan, tergantung pada dosisnya. Konsumsi serai dalam jumlah lebih banyak dapat memberikan efek yang lebih signifikan.
  3. Mencegah Infeksi: Serai diketahui memiliki kemampuan mencegah infeksi, termasuk mengurangi timbulnya sariawan pada individu dengan sistem kekebalan yang lemah.
  4. Menurunkan Risiko Kanker: Beberapa komponen dalam serai dapat membantu melawan kanker, baik dengan menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Menjaga Kesehatan Mulut: Pengunyahan batang serai dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan menjaga mulut tetap bersih, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Food Chemistry.
  6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan: Air rebusan serai dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.
  7. Meredakan Kembung: Minum air rebusan serai dapat memiliki efek diuretik, meningkatkan keluarnya urine dan meredakan kembung.
  8. Meredakan Rasa Sakit: Serai dapat membantu menghilangkan rasa sakit, memberikan potensi dalam mencegah seseorang merasakan sakit.
  9. Meningkatkan Hb (Sel Darah Merah): Penelitian menunjukkan bahwa minum air rebusan serai secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi hemoglobin, volume sel, dan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Meskipun belum ada bukti yang cukup untuk semua manfaat ini, minum air rebusan serai secara rutin diharapkan dapat memberikan sejumlah keuntungan kesehatan.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu