BMW Dominasi Pasar EV

BMW Dominasi Pasar Mobil Listrik Premium di Indonesia

Tren penjualan kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat, tak terkecuali untuk segmen premium. BMW Group Indonesia mengklaim telah menguasai lebih dari setengah pangsa pasar mobil listrik premium di Indonesia dengan penjualan 389 unit pada periode Januari-September 2023.

“Dari angka 389 unit tersebut, 70 persen penjualan berasal dari sport activity vehicle (SAV) BMW iX, sekitar 330-340-an unit,” kata Bayu Riyanto, Director of Marketing BMW Group Indonesia.

Bayu menambahkan, tak sedikit juga konsumen BMW yang sudah memiliki kendaraan Internal Combustion Engine (ICE), membeli mobil listrik murni.

“Kalau saya lihat profilnya, terutama pengguna SUV kita kayak X5, X3 itu mereka pas ambil lagi iX (model listrik). Karena secara ruang mirip dan jarak tempuh jauh,” kata Bayu.

Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia, mengungkapkan sejumlah alasan yang membuat orang kaya memutuskan untuk membeli battery electric vehicle (BEV) BMW.

“Mungkin lebih kearah benefit dalam hal penggunaan kendaraan listrik. Pertama ganjil genap, itu kan nanti akan terbiasa. Coba saja pakai mobil listrik, ternyata lebih nyaman,” ucap Jodie.

“Kemudian nilai ekonomis, itu bahkan bisa sepertiganya dari pada mobil bensin. Bahkan kalau dibandingkan sebulan, bensin bisa berapa tapi kalau pakai mobil listrik bisa jauh lebih murah,” lanjutnya.

Tak hanya itu, masalah emisi gas buang juga menjadi perhatian dalam pembelian mobil listrik, meski bukan menjadi alasan utama.

Sebagai informasi, saat ini tercatat ada tiga mobil listrik murni BMW yang dijual di Tanah Air, mulai dari i4, iX dan i7. Untuk i4 dijual Rp 2,1 miliar, sementara iX Rp 2,4 miliar dan i7 Rp 3,2 miliar.

Dengan penjualan yang cukup positif, BMW Group Indonesia berharap dapat terus meningkatkan penjualan mobil listrik di Indonesia.

Analisis

Pencapaian BMW Group Indonesia di pasar mobil listrik premium di Indonesia cukup menggembirakan. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik terus meningkat, termasuk di segmen premium.

Ada beberapa faktor yang diperkirakan menjadi pendorong peningkatan penjualan mobil listrik di Indonesia, antara lain:

  • Kebijakan pemerintah yang mendukung penggunaan kendaraan listrik, seperti kebijakan ganjil genap dan insentif pajak.
  • Harga mobil listrik yang semakin terjangkau.
  • Semakin banyaknya pilihan mobil listrik di pasaran.

Ke depannya, diperkirakan tren penjualan mobil listrik di Indonesia akan terus meningkat. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya infrastruktur pendukung mobil listrik, seperti stasiun pengisian daya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu