Bolehkah Memakai Sunscreen Dalam Ruangan

Sunscreen atau tabir surya dianggap sebagai salah satu produk perawatan kulit yang disarankan untuk digunakan setiap hari, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Namun, pertanyaannya muncul: apakah kita perlu tetap menggunakan sunscreen ketika berada di dalam ruangan?

Menurut Dokter Spesialis Kecantikan, Arini Astasari Widodo, penggunaan sunscreen sebaiknya tetap dijadikan kebiasaan, bahkan ketika berada di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan sinar matahari tetap dapat masuk melalui jendela atau kaca.

“Jika ada sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, sebaiknya menggunakan sunscreen. Misalnya, di rumah atau kantor pasti terdapat jendela, dan sinar matahari dapat masuk melalui itu, oleh karena itu sebaiknya menggunakan sunscreen di dalam ruangan,” ujar Arini dalam wawancara dengan CNNIndonesia.com pada Kamis (18/1) malam.

Arini menjelaskan bahwa sebagian besar kaca dan jendela dapat dilewati oleh sinar UVA dan UVB, yang dapat berbahaya dan tidak hanya merusak kulit tetapi juga dapat menyebabkan penyakit serius, termasuk kanker kulit.

Untuk itu, Arini menegaskan pentingnya selalu mengaplikasikan sunscreen 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jika berada di dalam ruangan, disarankan untuk menggunakan sunscreen 15 menit sebelum berpindah ke ruangan yang terkena paparan sinar matahari.

“Contohnya, di dalam kamar dengan jendela tertutup, maka sinar matahari tidak akan masuk. Oleh karena itu, gunakan sunscreen di kamar sebelum beralih ke ruangan yang lebih mudah terkena cahaya,” tambahnya.

Dalam konteks pemilihan sunscreen, Arini menyarankan untuk memilih produk dengan perlindungan broad-spectrum, yang melibatkan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Selain itu, pastikan sunscreen yang dipilih memiliki sun protection factor (SPF) minimal 30 atau lebih tinggi guna memberikan perlindungan optimal terhadap paparan sinar matahari.

“Tetapkan penggunaan sunscreen secara merata, termasuk pada seluruh bagian kulit yang terpapar matahari, seperti telinga, leher, dan punggung tangan,” pungkasnya.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu