BTS Selamatkan Banyak Nyawa Ketika Pandemi

Menurut sebuah penelitian dari Dartmouth College, BTS memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan hasil kesehatan masyarakat selama pandemi COVID-19. Dalam kenyataannya, pengaruh mereka melebihi gabungan pengaruh lembaga seperti CDC (Centers for Disease Control and Prevention), NIH (National Institute of Health), dan WHO (World Health Organization).

Herbert Chang, seorang profesor di Dartmouth College, melakukan penelitian ini untuk mengetahui lembaga-lembaga publik yang paling berpengaruh dalam menyebarkan pesan kesehatan masyarakat selama pandemi. Penelitian ini dimulai ketika Chang melihat banyak orang bergantung pada konten digital untuk menjalani kehidupan selama pandemi. Meskipun awalnya tidak terlalu familiar dengan dunia K-Pop, Chang melibatkan seorang co-author yang merupakan penggemar BTS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BTS adalah kekuatan paling besar dan efektif dalam menyebarkan pesan kesehatan masyarakat. Bahkan, kepala WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menggunakan nama BTS dalam tweetnya sebanyak 16 kali, yang menghasilkan sekitar 200.000 retweet. Tweet-tweet serupa tanpa menyebut BTS hanya mendapatkan jumlah retweet yang sama. Perbedaan dalam jangkauan antara keduanya sangat signifikan, lebih dari 111 kali lipat.

Menariknya, BTS tidak hanya memiliki pengaruh sebagai tokoh publik, tetapi juga berkat komunitas kuat dari para penggemar mereka. Komunitas ARMY, penggemar BTS, turut berperan dalam menyebarkan pesan-pesan BTS. Mereka juga terlibat dalam berbagai kegiatan nyata, seperti penggalangan dana. Sebagai contoh, selama pandemi, ketika konser BTS dibatalkan, para penggemar secara mandiri mengorganisir penggalangan dana dan mendonasikan uang yang biasanya digunakan untuk tiket konser kepada berbagai amal, termasuk gerakan Black Lives Matter.

Pengaruh BTS pada para penggemarnya dan kemampuannya untuk menginspirasi tindakan positif selama pandemi dapat menjadi pelajaran berharga bagi pengaruh lain yang tidak terkait dengan politik untuk membawa perubahan baik dalam kehidupan orang-orang. Ini menunjukkan bahwa kekuatan komunitas penggemar yang kuat dan aktivisme media sosial dapat menghasilkan perubahan positif yang signifikan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu