Buah Tinggi Vitamin B

Selain daging dan sayuran, vitamin B juga ditemukan dalam beberapa jenis buah. Apa saja buah yang mengandung vitamin B?

Vitamin B adalah jenis vitamin larut dalam air yang penting untuk berbagai proses tubuh, termasuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan.

Menurut informasi dari Healthline, tubuh kita membutuhkan asupan vitamin setiap hari agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Salah satu kelompok vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B, yang mencakup vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12.

Namun, nutrisi vitamin B dapat rusak saat makanan diolah, seperti saat memasak. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi buah-buahan secara langsung sebagai sumber vitamin B agar nutrisinya tidak hilang dengan mudah.

Berdasarkan berbagai sumber, berikut adalah daftar buah-buahan yang mengandung vitamin B:

  1. Alpukat Alpukat mengandung hampir 20 jenis vitamin dan mineral. Sebagai contoh, 1 cangkir alpukat (150 gram) dapat memenuhi 30% kebutuhan folat harian dan 23% vitamin B6.
  2. Jeruk Buah jeruk, seperti lemon, mengandung enam dari delapan bentuk vitamin B, termasuk B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), B5 (Asam pantotenat), B6 (Piridoksin), dan B9 (Asam folat). Jeruk juga merupakan sumber folat yang baik, penting selama kehamilan untuk mencegah cacat tabung saraf dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  3. Apel Apel juga mengandung vitamin B, terutama B12. Sebuah apel berukuran standar dapat memberikan 4%-5% kebutuhan Riboflavin (vitamin B2) harian.
  4. Pisang Pisang adalah buah yang kaya akan vitamin B12, serta mengandung serat dan vitamin lain yang membantu mengatur tekanan darah, mengurangi stres, meredakan sembelit, dan meredakan maag.
  5. Buah Beri Buah beri, seperti stroberi, rasberi, dan blackberry, mengandung vitamin B6 dan B9. Vitamin B6 diperlukan untuk produksi serotonin yang dapat meningkatkan mood, sementara vitamin B9 membantu mengatur fungsi dan perkembangan kognitif.
  6. Anggur Anggur mengandung tinggi vitamin B1 (Tiamin), yang mendukung fungsi jantung dan saraf, serta penting untuk mengubah makanan menjadi energi.
  7. Nanas Nanas adalah sumber vitamin B6 yang baik, yang mendukung perkembangan kognitif dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Nanas juga mengandung bromelain yang dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi peradangan.

Itulah daftar tujuh buah yang mengandung vitamin B. Semoga bermanfaat.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu