Bug iOS 17.5 Muncul Lagi

Bug di iOS 17.5 Buat Foto Terhapus Muncul Kembali. Apple baru saja meluncurkan pembaruan iOS 17.5 untuk pengguna iPhone, yang diharapkan membawa berbagai peningkatan. Namun, update ini juga membawa masalah baru: bug yang menyebabkan foto yang sudah dihapus muncul kembali.

Bug ini pertama kali dilaporkan oleh pengguna di Reddit. Beberapa thread dan komentar di forum r/ios menyebutkan bahwa foto-foto yang telah dihapus sejak beberapa tahun lalu tiba-tiba muncul kembali setelah menginstal iOS 17.5.

Seorang pengguna Reddit yang memulai thread di r/ios mengungkapkan bahwa foto pribadinya yang telah dihapus beberapa tahun lalu mendadak muncul lagi sebagai foto terbaru di aplikasi Photos.

“Foto itu sudah dihapus secara permanen beberapa tahun lalu, tapi secara ajaib muncul kembali?” kata pengguna Reddit tersebut, seperti dikutip dari Mashable.

“Saya mengecek iPad saya dan menemukan beberapa gambar (karya seni yang saya buat bertahun-tahun lalu). Saya merasa sangat tidak nyaman,” tambahnya.

Pengguna Reddit lainnya melaporkan bahwa empat fotonya yang dihapus pada tahun 2010 muncul kembali di iCloud sebagai foto baru yang diunggah. Ada juga yang mengklaim lebih dari 300 foto lamanya muncul kembali di iPad yang sudah di-reset sesuai pedoman Apple dan dijual ke temannya.

Aplikasi Photos di iPhone memang tidak langsung menghapus foto secara permanen. Foto yang dihapus akan dipindahkan ke folder ‘Recently Deleted’ yang menyimpan foto selama 30 hari. Jika foto tidak dipulihkan dalam 30 hari, foto itu akan dihapus secara otomatis. Namun, kasus ini berbeda karena foto yang muncul kembali sudah dihapus bertahun-tahun lalu.

Apple belum memberikan komentar resmi mengenai masalah ini, namun isu ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran tentang privasi dan penyimpanan data. Sejumlah beta tester iOS 17.5 juga melaporkan masalah serupa sejak pekan lalu sebelum update ini dirilis.

Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh bug indexing, kerusakan pustaka foto, atau masalah sinkronisasi antara perangkat lokal dan iCloud Photos. Kita tunggu saja jawaban dan solusi resmi dari Apple.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu