Cara Melihat Siapa Yang Menggunakan Wifi

Salah satu penyebab penurunan kecepatan WiFi adalah banyaknya pengguna atau perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Hal ini bisa sangat mengganggu saat WiFi pribadi digunakan oleh orang lain tanpa izin.

Seringkali kita tidak menyadari jika orang lain menggunakan jaringan WiFi pribadi kita tanpa izin. Ada beberapa cara untuk mengetahui siapa yang menggunakan WiFi pribadi kita, salah satunya adalah menggunakan ponsel pintar.

Untuk memeriksa pengguna jaringan WiFi menggunakan ponsel pintar, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Fing. Aplikasi populer ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemindaian jaringan WiFi dan menampilkan semua perangkat yang terhubung ke WiFi Anda.

Aplikasi Fing juga memberikan informasi detail tentang perangkat yang terhubung, termasuk nama perangkat dan pabrikan, sehingga Anda dapat melacak perangkat tersebut dengan mudah.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi Fing:

1. Unduh aplikasi Fing dari Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS).
2. Buka aplikasi dan lakukan pemindaian jaringan WiFi.
3. Aplikasi akan segera menampilkan daftar perangkat yang terhubung ke WiFi Anda.

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga dapat mengecek perangkat yang terhubung ke WiFi Anda melalui pengaturan router. Ini adalah cara yang umum dan mudah dilakukan.

Untuk mengecek melalui router, Anda bisa masuk ke halaman web sesuai dengan merek modem yang Anda gunakan. Kemudian, masukkan alamat IP standar untuk modem Anda. Misalnya, untuk modem ZTE, IP standarnya adalah 192.168.1.1, sementara untuk modem Huawei bisa menjadi 192.168.100.1 atau 192.168.1.254. Selanjutnya, masukkan username dan password router Anda untuk melihat daftar perangkat yang terhubung.

Cara lain adalah menggunakan laptop dengan menggunakan Command Prompt atau CMD. Ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Cukup buka CMD dengan menekan tombol Windows+R, lalu ketik “cmd” untuk membuka jendela Command Prompt. Di sana, ketik perintah “net view” dan “arp -a” untuk melihat daftar perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda beserta alamat IP mereka.

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google WiFi, yang akan menunjukkan perangkat yang terhubung langsung ke router atau WiFi Anda. Aplikasi ini juga memberikan informasi tentang data yang diunggah atau diunduh oleh perangkat dalam 30 hari terakhir.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu