Cara Menggunakan Qris Di Luar Negeri

Warga Negara Indonesia (WNI) kini dapat melakukan pembelanjaan di luar negeri dengan menggunakan mata uang rupiah, dan proses pembayaran dapat dilakukan dengan mudah melalui QRIS. Hal ini terwujud berkat kesepakatan Bank Sentral empat negara Asean, yaitu Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT), untuk bekerja sama dalam mendukung pembayaran yang lebih cepat, ekonomis, transparan, dan inklusif.

Salah satu inisiatifnya adalah implementasi QRIS antar-negara, sebuah sistem pembayaran lintas negara berbasis kode QR yang memungkinkan transaksi lintas negara. Dengan QRIS ini, transaksi di luar negeri tidak memerlukan konversi mata uang saat berbelanja di negara yang dikunjungi, hanya dengan memindai kode QR.

Artinya, pembayaran atas transaksi yang dilakukan oleh turis asing di Indonesia dapat dilakukan dengan memindai QRIS merchant Indonesia menggunakan aplikasi pembayaran negara asal mereka, dan sebaliknya bagi wisatawan Indonesia yang berbelanja di luar negeri.

Saat ini, QRIS antarnegara sudah dapat digunakan di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. QRIS Jepang juga dijadwalkan akan segera tersedia menurut Bank Indonesia (BI).

Untuk menggunakan QRIS antar-negara, pengguna perlu mengunduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan, membuka aplikasi pembayaran, memilih menu Scan QRIS, memasukkan jumlah nominal dalam mata uang asal, mengkonfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah yang otomatis terkonversi, serta memasukkan PIN untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu