Cara Menghidupkan Mobil Yang Tidak Bisa Distarter

Mobil yang tidak bisa distarter adalah masalah umum yang sering dialami oleh pengendara. Situasi ini bisa sangat mengganggu, terutama jika terjadi di saat yang tidak tepat.

Penyebab mobil tidak bisa distarter bisa bervariasi, mulai dari masalah baterai, alternator, sistem starter, hingga masalah bahan bakar.

Cara Menghidupkan Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Ada banyak alasan mengapa mobil tidak bisa distarter meskipun telah dirawat secara rutin. Melansir dari autonation mobile service, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mobil tidak bisa distarter:

  1. Periksa Kondisi Aki Aki yang lemah atau habis adalah salah satu penyebab paling umum mobil tidak bisa distarter. Aki mobil merupakan komponen listrik penting yang menyimpan daya yang diperlukan untuk menjalankan kendaraan Anda. Jika aki mobil mati atau tidak memiliki daya, maka mobil tidak dapat dinyalakan. Solusinya adalah selalu simpan kabel jumper di bagasi mobil Anda untuk keadaan darurat seperti ini.
  2. Cek Terminal Baterai Terminal baterai yang kotor atau kendur juga bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. Terminal yang teroksidasi dapat menghambat aliran listrik dari baterai ke sistem starter. Agar mobil bisa menyala, matikan mobil terlebih dahulu, kemudian coba putar dan putar sambungan kabel pada terminal aki. Jika bergerak, maka terminal baterai kendor dan Anda harus mengencangkannya.
  3. Periksa Sistem Starter Jika baterai dalam kondisi baik, masalah mungkin terletak pada sistem starter. Sistem starter terdiri dari motor starter dan solenoid starter yang berfungsi untuk memutar mesin saat kunci kontak diputar. Ketika sistem starter rusak, Anda mungkin perlu mengganti motor starter atau solenoid. Untuk masalah starter yang lebih kompleks, sebaiknya bawa mobil Anda ke mekanik profesional.
  4. Pastikan Mobil dalam Keadaan Parkir atau Netral Salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter adalah karena mobil tidak dalam keadaan netral. Untuk mengatasinya, pindahkan gigi ke netral dan lihat apakah mobil bisa menyala. Anda juga bisa mencoba menekan pedal rem. Jika Anda memiliki kendaraan dengan transmisi manual, tekan pedal kopling ke bawah.
  5. Cek Sekring Sekring mobil adalah komponen yang melindungi kabel listrik dan kendaraan dari kerusakan. Sekring yang rusak atau putus dapat menghalangi aliran listrik ke relay starter, yang dibutuhkan untuk menyalakan percikan api, penyalaan, dan tenaga untuk menggerakkan kendaraan. Untuk mengatasi masalah ini, periksa apakah ada sekring yang putus atau kerusakan kabel yang terlihat. Jika menemukan sekring yang rusak, segera hubungi mekanik untuk memperbaikinya.
  6. Periksa Sistem Bahan Bakar Cara menghidupkan mobil yang tidak bisa distarter selanjutnya adalah memeriksa sistem bahan bakar. Pompa bahan bakar yang rusak atau filter bahan bakar yang tersumbat, juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter.
  7. Perbaiki Busi Jika mobil memiliki baterai yang bagus dan bahan bakar yang cukup di tangki bensin, tapi mobil masih tidak dapat dihidupkan, kemungkinan besar businya rusak. Tanda-tanda busi yang rusak tidak mudah dikenali dan sering kali terjadi bersamaan dengan masalah pada komponen kendaraan lainnya. Sebaiknya kendaraan Anda diperiksa oleh mekanik profesional untuk memastikan apakah busi, tutup distributor, atau koil pengapian Anda rusak.
  8. Filter Bahan Bakar Tersumbat Filter bahan bakar membantu menyaring serpihan dan partikel karat dari bahan bakar, kemudian mengalirkan bahan bakar bersih dari tangki bensin ke injektor bahan bakar. Jika filter bahan bakar tersumbat, maka mobil tidak bisa sepenuhnya dihidupkan. Oleh karena itu, cek secara rutin filter bahan bakar agar tidak tersumbat.
You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu