Cara Mudah Melacak dengan Google Maps

Cara Mudah Melacak Pasangan atau Keluarga dengan Google Maps
Mengetahui posisi keluarga terdekat merupakan hal yang penting untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel Android, terutama dengan menggunakan fitur Google Maps.

Penting untuk dicatat bahwa dalam melacak posisi seseorang, Anda tetap memegang kendali penuh terkait dengan siapa yang dapat melihat posisi Anda dan kapan Anda ingin menghentikan berbagi lokasi.

Fitur-fitur lokasi ini sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti saat ingin mengecek posisi terakhir anak-anak atau perkiraan kedatangan rekan-rekan yang berencana berkunjung, sehingga dapat mengetahui estimasi waktu yang tersisa untuk menyiapkan segala sesuatunya.

Meskipun sudah ada beberapa aplikasi yang umum digunakan untuk berbagi lokasi, seperti WhatsApp, Google Maps tetap menjadi pilihan utama untuk melacak posisi orang-orang terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda dan ketuk avatar akun Google Anda yang terletak di pojok kanan atas.
  2. Pilih opsi “Berbagi lokasi” (Location sharing).
  3. Ketuk “Berbagi baru” (New share) untuk mulai berbagi lokasi Anda dengan kontak yang dituju.
  4. Pilih durasi waktu berbagi lokasi Anda, mulai dari 15 menit hingga sembilan jam.
  5. Pilih opsi “Sampai Anda mematikannya” (Until you turn this off) jika Anda ingin kontak tersebut dapat melihat lokasi Anda sampai Anda memutuskan sebaliknya.
  6. Pilih kontak dari daftar yang disarankan atau ketuk “Lainnya” (More) untuk memilih kontak lain.

Setelah itu, kontak yang Anda pilih akan menerima pemberitahuan bahwa Anda membagikan lokasi Anda dengan mereka. Mereka memiliki opsi untuk membagikan kembali lokasinya, tetapi hal tersebut tidak diharuskan.

Tidak ada cara khusus untuk meminta melihat lokasi orang lain. Mereka harus mengikuti langkah-langkah di atas atau membalasnya melalui pesan berbagi lokasi Anda.

Dengan menggunakan fitur “Berbagi lokasi” (Location sharing) dalam Google Maps, Anda dapat dengan mudah melacak posisi orang-orang terdekat Anda dan juga mengatur notifikasi untuk kontak tertentu, misalnya saat mereka tiba di suatu lokasi atau meninggalkannya.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda menggunakan aplikasi Google Family Link untuk memantau perangkat anak-anak, fitur pemantauan lokasi juga tersedia di dalam aplikasi tersebut.

Dengan demikian, melacak posisi pasangan atau anggota keluarga menjadi lebih mudah dan nyaman dengan bantuan Google Maps, yang memberikan kontrol penuh kepada pengguna terkait privasi dan keamanan informasi lokasi mereka.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu