Cek Apakah Terkena Tilang Online

Penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sejak tahun 2021 telah mendorong para pengendara kendaraan bermotor untuk lebih patuh terhadap aturan lalu lintas. Hal ini disebabkan oleh pemantauan setiap aktivitas pengguna jalan melalui kamera pengintai yang tersebar luas di beberapa wilayah.

Hingga Juli 2023, terdapat 1.309 unit kamera ETLE yang telah dipasang di jalan raya. Kamera-kamera ETLE ini memungkinkan pihak berwenang untuk mengawasi perilaku para pengguna jalan dari kejauhan, tanpa harus langsung berada di jalan untuk menindak pelanggaran lalu lintas.

Kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas akan menerima pemberitahuan melalui dua cara, yaitu melalui email dan surat tilang yang dikirim ke alamat rumah sesuai dengan informasi yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan yang melakukan pelanggaran.

Bagi pemilik kendaraan yang terkena tilang elektronik, mereka harus segera membayar denda sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Jika tidak, pihak berwenang akan melakukan pemblokiran terhadap STNK kendaraan yang terkena tilang elektronik.

Terdapat 10 jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi fokus tilang elektronik, yaitu melanggar rambu lalu lintas, marka jalan, aturan ganjil-genap plat nomor kendaraan, jalan melawan arus, menggunakan telepon seluler saat berkendara, tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang, keabsahan STNK, tidak menggunakan seatbelt, dan tidak menyalakan lampu pada siang hari.

Dalam rangka menghindari konsekuensi besar yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan, penting untuk memeriksa apakah kendaraan telah terkena tilang elektronik atau tidak. Berikut adalah cara untuk melakukan pengecekan:

1. Kunjungi laman ETLE di https://etle-pmj.info/id/check-data untuk wilayah umum atau https://www.etle-diy.info/id/check-data untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pastikan koneksi internet Anda stabil.

2. Isi data kendaraan, termasuk nomor polisi, nomor rangka, dan nomor mesin. Semua informasi ini terdapat pada STNK.

3. Lakukan pengecekan pelanggaran dengan mengklik “cek data” di laman tersebut. Hasil pengecekan akan menampilkan apakah ada pelanggaran yang tercatat pada sistem ETLE, beserta lokasi, jenis kendaraan, dan waktu pelanggaran.

Jika kendaraan tercatat melakukan pelanggaran, pemilik kendaraan dapat segera membayar denda agar STNK tidak diblokir. Pembayaran tilang elektronik dapat dilakukan melalui website e-Tilang, transfer, atau di teller bank yang telah ditunjuk.

Jika Anda merasa tidak melakukan pelanggaran atau data kendaraan yang tercantum di ETLE bukan milik Anda, Anda dapat melakukan konfirmasi dengan membawa bukti valid untuk mencegah pemblokiran STNK kendaraan tersebut.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu