Cek Hp Apakah Disadap

Penyadapan ponsel, juga dikenal sebagai HP, bisa terjadi kapan saja dan pada siapa pun. Terutama ketika penyadapan terjadi, pengguna mungkin tidak menyadari hal tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara memeriksa dan menghentikan HP yang disadap dari jarak jauh. Karena saat HP disadap, ada risiko besar untuk diintai.

Data yang ada di dalam HP bisa dicuri dan kemudian dijual atau disalahgunakan. HP yang disadap juga dapat mengakibatkan pengurasan harta melalui transaksi keuangan digital yang terhubung ke HP.

Namun, jangan khawatir, karena ada cara untuk mengetahui apakah HP disadap dari jarak jauh.

Cara Memeriksa HP yang Disadap

Ada beberapa tanda yang dapat terlihat apabila HP Anda sedang disadap. Dengan mengetahui tanda-tandanya, Anda dapat segera mengambil tindakan dengan menghentikannya.

Dikutip dari laman Life Wire, berikut adalah cara memeriksa HP yang disadap yang dapat Anda lakukan.

1. Periksa panggilan dan SMS masuk

Cara pertama untuk memeriksa apakah HP disadap atau tidak adalah dengan memeriksa panggilan dan SMS yang diterima di HP. Jika Anda tiba-tiba menerima panggilan dan SMS dari nomor yang tidak dikenal, hal itu patut dicurigai. Nomor asing yang muncul di panggilan atau mengirim pesan melalui SMS bisa menjadi tanda HP sedang disadap.

2. Periksa email yang mencurigakan

Cara memeriksa HP yang disadap berikutnya adalah dengan memeriksa email aneh yang masuk. Apakah ada kiriman email berisi link atau tautan dan Anda tanpa sengaja mengklik tautan tersebut. Saat dibuka, tautan tersebut merupakan sambungan otomatis untuk menginstal aplikasi penyadap.

3. Perhatikan daya baterai

Biasanya, pelaku penyadap HP akan mengutak-atik isi HP dengan membuka aplikasi, dokumen, dan lainnya. Hal ini membuat HP bekerja lebih keras sehingga daya baterai cepat habis. Jika Anda tidak menggunakan HP untuk beraktivitas banyak tetapi baterainya cepat habis, hal tersebut harus diwaspadai karena bisa jadi pertanda HP sedang disadap.

4. Perhatikan kinerja HP

Selain daya baterai yang cepat habis, HP yang lemot juga menjadi salah satu pertanda HP sedang disadap. Sebab, HP dijalankan oleh penyadap dari jarak jauh sehingga sistem HP bekerja ekstra dan membuat kinerjanya melambat alias lemot.

5. Perhatikan aktivitas yang mencurigakan

Cara memeriksa HP yang disadap berikutnya adalah dengan memerhatikan munculnya aktivitas mencurigakan, seperti aplikasi terbuka dan berjalan sendiri padahal tidak sedang digunakan.

6. Perhatikan aplikasi

Penyadap HP biasanya akan memasang aplikasi asing atau malware di HP untuk mendapatkan informasi dari HP yang sedang disadap. Nah, cara memeriksa HP yang disadap berikutnya adalah memerhatikan aplikasi yang terdapat di HP. Apabila ada aplikasi asing yang Anda rasa tidak pernah diunduh, segera hapus karena dapat mengindikasikan adanya penyadapan.

7. Periksa dengan kode USSD

Cara mengetahui apakah HP disadap atau tidak juga dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan menggunakan kode USSD *#21# atau *#06# di menu Panggilan. Pihak penyedia layanan nantinya akan memberikan informasi apakah ada panggilan yang dialihkan, data yang ditransfer ke pihak lain, dan sebagainya.

Cara Menghentikan HP yang Disadap

Setelah melakukan pemeriksaan di atas dan ternyata HP sedang disadap, jangan panik. Berikut adalah cara menghentikan HP yang disadap yang dapat dicoba.

1. Ganti kata sandi layar HP

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengubah nomor PIN atau pola kata sandi layar HP. Sebaiknya, hindari nomor PIN yang berhubungan dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran karena data pribadi dapat mudah bocor dan diutak-atik untuk membuka kata sandi layar HP.

2. Ganti kata sandi email

Selain kata sandi layar HP, ganti juga kata sandi email karena biasanya email merupakan salah satu sumber penyadapan. Jangan lupa pasang alamat email cadangan yang terhubung otomatis untuk mengantisipasi penyadapan.

3. Aktifkan mode perangkat aman

Setelah itu, langkah berikutnya adalah segera mengaktifkan mode perangkat aman di menu Pengaturan untuk mengetahui apakah ada malware di HP atau tidak.

4. Reset ke pengaturan pabrik

Selanjutnya, reset ke pengaturan pabrik alias factory reset. Cara ini merupakan upaya agar oknum penyadap tidak bisa mendapatkan informasi apa pun karena semuanya sudah terhapus dan sistem berubah seperti HP yang baru dibeli.

5. Hubungi pusat panggilan

Langkah terakhir adalah mencoba hubungi pusat panggilan penyedia layanan dan laporkan jika HP Anda telah disadap. Pihak penyedia layanan akan menonaktifkan sementara kartu SIM sehingga oknum penyadap tidak dapat mendapatkan informasi apa pun.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu