Cek Nomor Rekening

Berbelanja secara daring umumnya mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi, yang lebih praktis dan efisien. Selain memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka, umumnya pembayaran dalam belanja online dilakukan melalui transfer.

Pelanggan hanya perlu melakukan transfer melalui layanan perbankan online seperti mobile banking atau internet banking. Tetapi perlu diwaspadai bahwa saat ini ada banyak kejahatan siber yang berkedok jual beli online. Pihak yang tidak jujur seringkali melakukan penjualan produk seolah-olah seperti biasa, tetapi pada akhirnya tidak memberikan produk yang sesuai dengan pesanan.

Akibatnya, pelanggan yang sudah melakukan transfer pembayaran menjadi korban dengan nomor rekening yang diberikan oleh penjual yang tidak dapat dipercaya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan yang terjadi dalam dunia jual beli online di berbagai platform, ada dua cara untuk memeriksa nomor rekening penipu, yaitu melalui situs www.kredibel.com dan cekrekening.id yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Cara Memeriksa Nomor Rekening di Situs Kredibel:
1. Sebelum melakukan transaksi online, Anda dapat memeriksa nomor rekening di situs Kredibel.
2. Buka situs www.kredibel.com.
3. Daftarkan akun terlebih dahulu menggunakan alamat email dan kata sandi. Anda juga dapat mendaftar menggunakan akun Google atau Facebook.
4. Pilih opsi “Cek Penipu Online”.
5. Masukkan nomor rekening yang ingin Anda periksa dalam kolom cek rekening.
6. Klik “Cari”.
7. Jika nomor rekening tersebut terindikasi sebagai penipuan, situs akan menampilkan informasi detail dan ulasan terkait nomor rekening tersebut.

Cara Memeriksa Nomor Rekening di Cekrekening.id:
1. Kunjungi laman cekrekening.id.
2. Klik “cek sekarang” di menu “periksa rekening”.
3. Pilih jenis akun, apakah “Bank” atau “E-Wallet”.
4. Isi nama bank atau e-wallet yang Anda gunakan.
5. Masukkan nomor rekening atau e-wallet tujuan.
6. Centang kotak “Saya bukan robot”.
7. Klik “Cek Sekarang”.
8. Situs akan menampilkan informasi tentang nama pemilik rekening dan status verifikasinya. Jika ada indikasi penipuan, jumlah pelaporan yang telah dilakukan juga akan ditampilkan.

Dua cara ini dapat membantu meningkatkan keamanan dan kepercayaan dalam bertransaksi secara online. Semoga informasi ini bermanfaat.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu