Cek Xiaomi Kebagian Android 14

Google mulai memperkenalkan Android 14 pada bulan Februari 2023. Setelah melewati serangkaian uji coba, versi final Android 14 akhirnya diumumkan melalui seri terbaru Google Pixel 8.

Xiaomi tampaknya bergerak cepat dalam menyediakan Android 14 bagi para pengguna. Versi final sistem operasi tersebut sudah dapat diakses pada tiga ponsel Xiaomi.

Ponsel-ponsel tersebut adalah Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, dan Xiaomi 12T, seperti yang dilansir oleh GSMArena pada Senin (9/10/2023).

Xiaomi telah mengumumkan perilisan MIUI terbaru yang berbasis pada Android 14. Pembaruan ini dapat diunduh secara otomatis melalui mekanisme over-the-air (OTA).

Sebelumnya, versi MIUI 14 berbasis Android 14 hanya tersedia untuk pengguna yang mendaftar sebagai beta tester. Namun, kini semua pengguna dari tiga ponsel Xiaomi dapat mengunduhnya.

Proses pembaruan sistem sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuka Pengaturan sistem, lalu memilih Tentang ponsel, dan akhirnya memilih Pembaruan sistem.

Berikut ini adalah pembaruan firmware MIUI 14 berbasis Android 14 untuk ponsel-ponsel Xiaomi:
– Xiaomi 13
– IUI-V14.0.5.0.UMCMIXM
– MIUI-V14.0.5.0.UMCEUXM
– Xiaomi 13 Pro
– MIUI-V14.0.5.0.UMBMIXM
– MIUI-V14.0.5.0.UMBEUXM
– Xiaomi 12T
– MIUI-V14.0.6.0.ULQMIXM
– MIUI-V14.0.5.0.ULQEUXM

Android 14 memiliki fokus utama pada personalisasi. Google memperkenalkan sejumlah alat personalisasi yang lebih canggih.

Salah satu di antaranya adalah fitur “Material You” yang telah diperbarui dari Android 13. Fitur ini dapat secara otomatis menyesuaikan ikon aplikasi dan elemen antarmuka pengguna, termasuk pengaturan, sesuai dengan warna wallpaper.

Dalam Android 14, pengguna dapat mengatur shortcut khusus untuk akses cepat ke aplikasi dan fungsi favorit mereka.

Selain personalisasi, Android baru ini juga meningkatkan kualitas gambar dan video secara signifikan.

Sistem operasi terbaru ini memperkenalkan ‘Ultra HDR’ untuk memastikan foto menampilkan warna yang lebih cerah. Terutama, dengan adanya layar HDR, foto dapat diambil dan ditampilkan tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Hal baru lainnya dalam Android 14 adalah peningkatan kontrol terhadap fungsi kesehatan, keamanan, dan data.

‘Health Connect’ adalah platform baru yang memberikan cara terpusat bagi pengguna untuk menyimpan dan mengelola data kesehatan dari berbagai aplikasi. Ini memudahkan pengguna untuk mengakses hasil olahraga dan memiliki kontrol lebih besar terhadap siapa yang dapat mengakses data tersebut.

Android 14 juga memperkenalkan pembaruan berbagi data baru yang memberikan pengguna lebih banyak visibilitas tentang cara aplikasi menggunakan data. Misalnya, pengguna sekarang akan diberi tahu saat aplikasi membagikan data lokasi kepada pihak ketiga.

Bagi pengguna dengan gangguan penglihatan dan pendengaran, Android 14 menyediakan sejumlah fitur baru.

Contohnya, kaca pembesar yang telah ditingkatkan dan lebih intuitif, serta pengaturan cepat untuk mengubah ukuran font.

Android 14 juga menyertakan fitur baru untuk alat bantu dengar, seperti alur penyiapan khusus dan kemampuan untuk mengakses kontrol alat bantu dengar dengan cepat melalui shortcut.

Pengguna sekarang dapat mengaktifkan “Pemberitahuan Flash” untuk mendapatkan kilatan cahaya visual saat menerima notifikasi.

Menurut Google, hingga saat ini, Android 14 telah dirilis untuk perangkat Google Pixel dengan versi stabil. Pada akhir tahun, Android 14 akan tersedia untuk pabrikan HP seperti Samsung, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu