Cincau Hitam Dengan Banyak Manfaat

Cincau hitam, atau sering dikenal sebagai camcao, kerap dijadikan tambahan dalam minuman manis seperti milk tea atau cappuccino cincau. Ternyata, cincau hitam ini tidak hanya nikmat, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Ada dua jenis cincau yang dikenal, yakni cincau hijau dan hitam, namun belakangan ini, cincau hitam lebih populer di kedai-kedai minuman.

Cincau hitam, yang juga disebut camcao, dibuat dari daun tanaman yang direndam dalam air hingga membentuk gel. Di beberapa negara Asia seperti Indonesia, Singapura, dan Cina, cincau hitam umumnya diolah menjadi minuman tradisional atau hidangan penutup yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat utama dari cincau hitam, antara lain:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh: Penelitian pada 2017 melaporkan bahwa cincau hitam mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, karena mengandung vitamin, mineral, flavonoid, polifenol, dan saponin.
  2. Menurunkan tekanan darah: Cincau hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, dan melindungi dari diabetes dan penyakit liver.
  3. Mencegah sakit pencernaan: Kandungan gula pada cincau dapat melawan bakteri penyebab sakit perut dan mengoptimalkan fungsi pencernaan.
  4. Menurunkan berat badan: Cincau memiliki sedikit kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
  5. Mengurangi risiko diabetes tipe 2: Antioksidan dalam cincau hitam dapat melindungi sel beta di pankreas, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
  6. Menurunkan demam: Cincau hitam dianggap memiliki efek penurun panas badan dan digunakan secara turun temurun di Cina dan Taiwan.
  7. Mengatasi sembelit: Kaya akan serat makanan, cincau hitam juga dapat membantu pencernaan dan mengobati sembelit secara alami.
You might also like
Tags: ,

More Similar Posts

Menu