Cuaca Sangat Panas di Awal Ramadhan

Cuaca panas melanda Kota Semarang saat awal Ramadan kali ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan.

suhu panas berasal dari beberapa faktor. Misalnya, perubahan arah angin yang mulai dominan saat ini yang berasal dari arah timur ke tenggara. Hal itu membuat angin hanya membawa sedikit uap air.

“Itu berarti anginnya bisa dibilang dari arah Australia di mana Australia itu biasanya minim uap air, nah biasanya tuh kalau anginnya dari situ, di kita sudah mulai panas,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (24/3/2023).
Suhu di Semarang saat awal Ramadan tercatat di maksimal 33,1 derajat celsius dan minimal di 23,4 derajat celsius. Sebenarnya, suhu tersebut masih berada di angka normal. Sementara suhu terpanas di Semarang tercatat pernah mencapai 39,5 derajat celsius.

“Masih normal sebenarnya karena kan kita di bulan ini itu mulai memasuki musim pancaroba kan dari hujan ke kemarau jadi sebenarnya ini panasnya itu masih normal, “Memang musim pancaroba itu mungkin karena hujan ke kemarau terutama dari sebelumnya dingin tiba-tiba ke kemarau yang agak panas,” ujarnya.┬áDi masa pancaroba, di Jawa Tengah masih berpotensi terjadi hujan. Kebanyakan, hujan akan datang di sore dan malam hari.

You might also like

More Similar Posts

Menu