Daftar Motor Tidak Cocok Pertalite

Daftar Motor-Motor yang Tidak Cocok dengan Bensin Pertalite dan Premium
Bensin Premium dan Pertalite dari SPBU Pertamina menjadi pilihan utama bagi pengendara motor di Indonesia. Harganya yang terjangkau membuat keduanya menjadi opsi bahan bakar yang populer. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua motor cocok untuk menggunakan bensin jenis Premium atau Pertalite.

Seiring perkembangan teknologi, motor-motor terbaru umumnya tidak direkomendasikan untuk menggunakan bensin Premium. Hal ini juga berlaku untuk Pertalite. Motor-motor keluaran terbaru biasanya lebih sesuai dengan bensin jenis Pertalite. Penting untuk memperhatikan spesifikasi motor saat memilih jenis bahan bakar yang digunakan.

Rasio kompresi mesin motor memiliki peran penting dalam menentukan jenis bensin yang seharusnya digunakan. Saat membeli motor baru, konsumen biasanya diberikan brosur yang berisi spesifikasi, termasuk rasio kompresi. Angka rasio kompresi ini menunjukkan jenis bensin yang sesuai, mulai dari Premium, Pertalite, hingga Pertamax atau bensin lainnya.

Untuk memastikan jenis bensin yang tepat, pemilik motor dapat merujuk pada brosur yang disediakan oleh Agen Pemegang Merek (APM) atau mengakses informasi tersebut melalui website APM. Sebuah tabel berdasarkan rasio kompresi masing-masing mesin motor dapat membantu pengendara menentukan bahan bakar yang sesuai dengan motor mereka.

Penting untuk diingat bahwa motor-motor dengan kompresi tinggi yang masih menggunakan bensin oktan rendah dapat mengakibatkan masalah seperti mesin ngelitik dan penumpukan kerak di ruang bakar. Oleh karena itu, perawatan rutin menjadi penting untuk mencegah kerusakan mesin.

Seiring berjalannya waktu, semakin sedikit motor baru yang cocok dengan bensin Premium. Saat ini, tidak ada lagi motor baru yang direkomendasikan untuk menggunakan bensin jenis Premium. Motor injeksi yang diproduksi oleh APM motor minimal harus diisi Pertalite.

Sebagai catatan, motor-motor injeksi yang masih diproduksi oleh APM motor saat ini hanya kompatibel dengan Pertalite. Sedangkan, bensin Premium lebih cocok digunakan pada motor-motor yang diproduksi sebelum tahun 2000, seperti Honda C70, Yamaha RX-Z, dan motor lawas lainnya.

Dengan memahami jenis bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi mesin, pengendara motor dapat memastikan performa optimal dan mencegah potensi masalah mesin di masa depan. Oleh karena itu, sebaiknya simak daftar bensin yang sesuai dengan tipe motor baru sesuai dengan rasio kompresi untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu