Destinasi Wisata Di Kepulauan Seribu

Sebagai negara yang terdiri dari banyak pulau, Indonesia menawarkan berbagai pilihan pulau indah untuk dikunjungi, termasuk yang berada cukup dekat dengan Jakarta. Salah satu contohnya adalah Kepulauan Seribu, di mana terdapat beragam pulau berpenghuni yang menjadi tujuan wisata yang menarik. Menurut informasi dari pulauseribu.co.id, berikut adalah beberapa pulau berpenghuni yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan di Kepulauan Seribu.

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, dan merupakan salah satu pulau paling terkenal di wilayah ini. Pulau ini terkenal dengan jembatan cinta yang menghubungkan dua pulau kecil, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di sini, Anda dapat menikmati pantai berpasir putih yang indah dan air laut yang jernih, cocok untuk berenang dan snorkeling.

2. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka terletak di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini memiliki penduduk, meskipun jumlah penduduknya tidak sebanyak Pulau Tidung. Namun, Pulau Pramuka menawarkan fasilitas yang lebih lengkap karena merupakan pusat pemerintahan. Di sini, Anda dapat mengunjungi Taman Wisata Alam Pramuka yang menampilkan berbagai jenis tumbuhan, satwa liar, dan penyu laut. Pulau ini juga menyediakan fasilitas akomodasi dan restoran yang memadai untuk para wisatawan.

3. Pulau Harapan

Pulau Harapan adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu Utara yang memiliki luas sekitar 48 hektar. Di masa lalu, pulau ini dikenal dengan nama “Pulau Pelemparan” karena digunakan sebagai tujuan transmigrasi lokal dan relokasi penduduk dari Jakarta. Pulau Harapan memiliki lebih dari 2.000 penduduk, sebagian besar berasal dari beragam etnis seperti Bugis, Jawa, Mandar, dan Pulau Kelapa. Di sini, Anda dapat menemukan pantai dengan pasir putih, air laut biru jernih, serta berbagai kegiatan seperti snorkeling, diving, dan berlayar. Pulau Harapan juga menyediakan berbagai jenis penginapan mulai dari resort hingga homestay.

4. Pulau Pari

Pulau Pari adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, yang sebenarnya mencakup empat pulau kecil lainnya yang berdekatan, yaitu Pulau Kongsi, Pulau Tikus, Pulau Burung, dan Pulau Tengah. Pulau Pari tidak jauh dari beberapa pulau lainnya seperti Pulau Pramuka, Pulau Lancang, Pulau Rambut, dan Pulau Tidung, yang merupakan kelurahan tersendiri. Pulau Pari juga merupakan pulau berpenghuni yang menawarkan pesona alam yang memukau, dengan pantai berpasir putih yang panjang dan pemandangan bawah laut yang spektakuler. Anda dapat menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Pari melalui aktivitas snorkeling atau diving.

5. Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa adalah salah satu pulau berpenghuni terdekat dari Jakarta dan terkenal dengan fasilitas dan kegiatan wisata yang lengkap. Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas seperti berkemah, hiking, dan berenang. Selain itu, Pulau Untung Jawa juga memiliki museum maritim yang menarik yang mengungkap sejarah Kepulauan Seribu, seperti yang dilansir oleh kemenparekraf.go.id.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu