Destinasi Wisata Di Lombok

Keindahan beberapa tujuan di Lombok membuat pulau ini sering menjadi impian bagi masyarakat untuk berlibur. Untuk mencapai Lombok, Anda dapat menggunakan jalur darat atau laut. Menurut buku “Jalan-Jalan ke Lombok Enaknya ke Mana?” yang ditulis oleh Yusak Anshori dan Adi, berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Pulau Lombok:

1. Mataram, Ampenan, dan Cakranegara

Mataram di Lombok memiliki banyak tempat wisata menarik, seperti museum, taman bersejarah, dan pura. Di Kota Mataram juga terdapat tempat-tempat rekreasi seperti waterpark dan taman kota yang cocok untuk bersantai.

Ampenan adalah kota pelabuhan lama di Pulau Lombok, dengan banyak bangunan berarsitektur kuno atau heritage building yang menarik bagi wisatawan.

Cakranegara, yang berdekatan dengan Mataram, merupakan kawasan bisnis dengan pasar pertanian, pasar burung, dan taman mayura. Di sini terdapat Pura Meru, pura terbesar dan tertua di Lombok. Cakranegara juga memiliki banyak tempat wisata indah, seperti Pantai Senggigi, Malimbu, dan Pantai Nipah, serta Kawasan Hutan Pusuk yang memukau.

2. Pantai Sira

Pantai Sira terletak di desa Medana, Kabupaten Lombok Utara. Pantai ini memiliki taman laut dengan air yang jernih, terumbu karang eksotis, dan pemandangan ikan yang menarik. Pantai Sira dikelilingi oleh pohon nyiur, pasir putih yang luas, dan terumbu karang yang terjaga kelestariannya. Ini adalah destinasi wisata yang populer bagi para pengunjung yang ingin berjemur, berenang, menyelam, dan snorkeling.

3. Pantai Kuta (Pantai Mandalika)

Pantai Kuta juga dikenal sebagai Pantai Mandalika. Pantai ini menghadap ke laut Hindia yang memiliki ombak besar, sehingga Anda dapat mendengar gemuruh ombak saat angin laut bertiup kencang. Beberapa bagian pantai ini memiliki karang yang bisa menjadi latar belakang foto yang menarik. Anda dapat mencapai Pantai Kuta menggunakan angkutan umum dari Terminal Mandalika dengan ongkos Rp 10.000, dengan melanjutkan perjalanan menggunakan angkot menuju Kuta dengan ongkos yang sama. Disarankan untuk menghindari kunjungan pada tengah hari karena panas terik.

4. Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, dan Gili Nanggu

Di sekitar Pulau Lombok terdapat banyak pulau kecil yang indah, termasuk Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, dan Gili Nanggu.

Gili Trawangan menawarkan panorama pantai yang indah dan berbagai aktivitas seperti scuba diving, snorkeling, bermain kayak, berselancar, dan pelepasan penyu ke laut bebas. Di sini juga tersedia kesempatan bagi wisatawan untuk belajar berkuda mengelilingi pulau.

Gili Meno dikenal sebagai destinasi wisata bahari dengan taman burung yang mengoleksi burung-burung langka dari Indonesia dan luar negeri. Pantainya memiliki pasir putih yang alami.

Gili Air terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, termasuk blue coral, bunga karang, tiger fish, moonfish, dan ikan berwarna-warni lainnya.

Gili Nanggu, yang juga disebut sebagai Pulau Paradise, adalah pulau seluas 12,5 hektar di barat Pulau Lombok. Pulau ini dikelola dengan konsep Virgin Island, menjadikannya tetap alami dan asri. Pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu