Disnaker Rencana Bentuk Posko Pengawalan THR

SMID-Disnaker Rencana Bentuk Posko Pengawalan THR

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang berencana akan melakukan penindaklanjutan mengenai surat edaran Kementrian Ketenagakerjaan Nomor M/6/HK.04/IV/2021 perihal Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Kepala Disnaker Kota Semarang, Sutrisno mengungkapkan bahwa dirinya mengajak para pengusaha untuk dapat bersikap tertib dan teratur dalam memberikan THR kepada para karyawannya. Pihaknya berencana akan membentuk posko pengawalan THR. Posko ini nantinya diharapkan dapat membantu memberikan solusi mengenai pemberian THR kepada karyawan.

“Posko ini amanah dari Kementrian. Nanti, saya akan bersurat kepada wali kota untuk pembentukan posko. Posko ini untuk konsultasi, koordinasi, mau mengadu pun kami terima,” papar Sutrisno, Jumat (16/4/2021).

Sutrisno menambahkan, bahwasanya Disnaker Kota Semarang akan melakukam supervisi kepada para perusahaan untuk memastikan mereka benar-benar memiliki itikad baik memberikan THR kepada para pekerjanya. Dan Dia tidak ingin pandemi Covid-19 menjadi alasan para pengusaha tidak memberikan THR.

“Kami akan supervisi kepada beberapa pengusaha apakah teman-teman pengusaja ada itikad janji itu supaya teman-teman buruh dapat ketentraman dan ketenangan saat menjalani hari raya,” ucapnya.

Berdasarkan surat edaran Menteri Ketenagakerjaan, THR paling lambat wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari dan untuk nominal THR sebesar satu bulan upah bagi pekerja yang telah bekerja 12 bulan atau lebih.

Sementara bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus-menerus atau lebih tetapi kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 bulan kemudian dikali 1 bulan upah.

Sutrisno menjelaskan, jika ada perusahaan yang tidak mampu memberikan THR sesuai waktu yang ditentukan perundang-undangan, mereka harus dapat menunjukan kepada pemerintah bahwa mereka dalam kondisi pailit. Dia juga meminta perusahaan melakukan kesepakatan dengan pekerja.

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu