Larangan Mudik Lebaran, Dua Bandara Batal Layani Penumpang

SMID-Dua Bandara Batal Layani Penumpang

Semarang – Dua bandar udara baru di Jawa Tengah, yaitu Ngloram Blora dan Jenderal Sudirman Purbalingga telah dipastikan tidak melayani penumpang pada lebaran 2021. Hal tersebut karena adanya larangan resmi pemerintah terkait larangan mudik lebaran demi mencegah penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, sebenarnya kedua bandar udara tersebut disiapkan guna melayani pemudik di tahun ini. Namun setelah adanya larangan mudik, maka hal itu tidak dapat dilaksanakan.

“Sebenarnya waktu itu rencananya memang dipakai untuk mudik. Tapi karena keputusan tidak mudik, ya sudah pembangunannya diteruskan saja,” kata Ganjar saat ditemui, Selasa (6/4).

Progres pembangunan dua bandar udara sudah berjalan baik, keduanya telah melalui tahap uji coba pendaratan pesawat dan berhasil. Dari segi fisibilitas dan teknisnya juga telah sesuai prosedur untuk melakukan penerbangan. Bahkan Ganjar mencoba sendiri melakukan uji coba pendaratan di bandara Ngloram.

Ganjar mengatakan, sebenarnya masyarakat telah menantikan dapat menggunakan bandara tersebut sebagai salah satu alternatif transportasi mudik lebaran. Bahkan mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat.

“Memang waktu itu rencananya dipakai pada mudik ini. Kalau jadi terminal dan sebagainya kan bisa dipakai darurat. Intinya kami sudah komunikasi dengan Kemenhub dan menyiapkan, apakah kita jadi pakai di Lebaran atau tidak. Tapi, rasa-rasanya belum dipakai,” kata Ganjar.

You might also like
Tags: , , , , ,

More Similar Posts

Menu