Elon Musk Pesan Ke Operator

Elon Musk Memberikan Pesan kepada Telkomsel, Indosat, XL & Smartfren Terkait Peluncuran Satelit Starlink
Perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, baru-baru ini meluncurkan enam satelit Starlink terbaru untuk mendukung layanan internet yang dapat terhubung langsung dengan perangkat seluler di seluruh dunia. Dalam kesempatan tersebut, Elon Musk juga menyampaikan pesan khusus kepada operator seluler global, termasuk Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren.

Elon Musk menekankan bahwa fitur baru Starlink yang diberi nama “Direct-to-Cell” tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan operator seluler di seluruh dunia. Dalam peluncuran tersebut, SpaceX bertujuan untuk memperluas konektivitas global dan mengatasi “zona mati” yang terdapat di beberapa wilayah.

Layanan Direct-to-Cell, seperti dijelaskan di situs resmi SpaceX, berfungsi sebagai Base Transceiver Station (BTS) di luar angkasa yang memberikan akses langsung ke fitur seperti berkirim pesan, melakukan panggilan telepon, dan menjelajah internet di berbagai jenis permukaan, baik daratan maupun lautan.

Satelit Starlink ini memungkinkan pengguna untuk terhubung tanpa memerlukan perangkat seluler khusus. Semua perangkat yang mendukung teknologi 4G LTE dapat tersambung dengan satelit Starlink tanpa perlu menambahkan aksesori tambahan, firmware, atau aplikasi khusus.

Meskipun Elon Musk menegaskan bahwa layanan Direct-to-Cell dapat bekerja dengan perangkat LTE yang umum digunakan saat ini, dia juga memberikan penjelasan bahwa satelit Starlink memiliki batasan bandwidth sebesar 7 Mb per “beam” atau pancaran sinyal. Oleh karena itu, meskipun merupakan solusi yang luar biasa untuk daerah tanpa konektivitas seluler, Direct-to-Cell tidak dapat bersaing dengan jaringan seluler terestrial yang sudah ada.

Elon Musk juga memberikan kepastian kepada perusahaan penyedia jaringan seluler di seluruh dunia bahwa Starlink tidak akan menjadi pesaing bagi layanan seluler yang mereka tawarkan. Dengan demikian, peluncuran satelit Starlink ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam memperluas konektivitas global tanpa mengganggu ekosistem operator seluler di Indonesia maupun di seluruh dunia.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Menu